Setiap Hari, Puluhan Rumah di Randusanga Kulon-Brebes Terendam banjir Rob

Setiap Hari, Puluhan Rumah di Randusanga Kulon-Brebes Terendam banjir Rob

Banjir rob kembali menggenangi wilayah Desa Randusanga Kulon Kecamatan Brebes, Senin pagi (15/11). Bahkan, sudah beberapa hari terakhir, banjir rob menggenangi puluhan rumah di sana.

Kepala Desa Randusanga Kulon H. Afan Setiono membenarkan bahwa Senin (15/11) pagi puluhan rumah di wilayahnya terendam banjir rob. Disebutkan, banjir rob hari ini terjadi sekitar pukul 04.30 WIB tadi dan mulai surut sekitar pukul 11.00 WIB. Itupun tidak langsung surut.

“Banjir rob ini terjadi setiap hari. Kali ini terjadi di wilayah RT 06 dan 07 di RW 02. Puluhan rumah terendam akibat banjir rob tersebut,” ungkapnya.

Dijelaskannya, banjir rob kali ini lama surutnya. Apalagi, saat terjadi banjir rob, di wilayah tersebut juga diguyur hujan.

“Bahkan ada juga rumah warga yang terendam banjir hingga ketinggian 40 centimeter di dalam rumah. Dan itu terjadi hampir setiap hari,” ucapnya.

Ditambahkannya, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah desa dalam mengantisipasi banjir rob yang terjadi di wilayahnya. Salah satunya, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait yakni Dinas Pekerjaan Umum (DPU) untuk meninggikan jalan agar masyarakat setempat mudah dalam beraktivitas.

“Selain itu, kami juga telah mengusulkan pengerukan kepada pemerintah agar sungai yang dangkal bisa terkeruk. Sehingga, banjir seperti ini tidak terjadi lagi,” tukasnya. (ded/ima)

Sumber: