Mutasi Besar-besaran di Mabes Polri, Anak Mantan Wapres Try Sutrisno Juga Kena

Mutasi Besar-besaran di Mabes Polri, Anak Mantan Wapres Try Sutrisno Juga Kena

Mutasi besar-besaran perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) Polri dilakukan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Senin (1/11). Sejumlah nama tenar mendapat promosi, sebagian lainnya pun tak luput terkena mutasi.

Salah seorang pati yang mendapat promosi jabatan baru adalah Irjen Pol Firman Shantyabudi. Mutasi tersebut tertuang dalam telegram kapolri bernomor ST/2278/X/KEP/2021 yang ditandatangani As SDM Kapolri Irjen Wahyu Widada.

Irjen Firman mendapat posisi baru sebagai Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri. Dia menggantikan Irjen Pol Istiono yang telah memasuki masa pensiun.

Sebelumnya, Irjen Firman menjabat sebagai Asisten Logistik (Aslog) Kapolri. Jabatan yang ditinggalkan Irjen Firman akan diisi oleh Irjen Pol Raden Argo Yuwono Prabowo yang sebelumnya menjabat sebagai Kadiv Humas Polri.

Tapi tak banyak yang tahu bahwa Irjen Firman tidak lain adalah putra dari Wakil Wakil Presiden RI ke-6 Try Sutrisno. Sepanjang karirnya di Korps Bhayangkara, Irjen Firman memang lebih banyak bergelut di bidang lalu lintas.

Tercatat, Irjen Firman pernah menjabat sebagai Wadirlantas Polda Metro Jaya. Dia juga pernah menjabat sebagai Dirlantas Polda Sumatera Selatan, Analis Kebijakan Madya Bidang Korlantas Polri.

Irjen Firman juga pernah tercatat menjabat sebagai Kapolda Jambi. Namun lulusan Akpol 1988 ini cukup singkat menjadi orang nomor satu di Polda Jambi.

Dilantik pada 3 Februari 2020, Irjen Firman kemudian meninggalkan jabatan itu pada 16 November 2020. (ruh/pojoksatu)

Sumber: