Mageri Segoro, 5.000 Mangrove Ditanam di Sepanjang Pantai Muara Indah Pemalang

Mageri Segoro, 5.000 Mangrove Ditanam di Sepanjang Pantai Muara Indah Pemalang

5.000 binbit mangrove ditanam bersamaan di bibir Pantai Muara Indah Desa Asemdoyong Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang, Selasa (12/10). 

Penghijauan yang diinisiasi Polres Pemalang melalui program Polda Jateng Mageri Segoro tersebut didukung banyak elemen. Termasuk Pemkab Pemalang. 

Ribuan bibit mangrove pagi itu ditanam memanjang dari timur ke barat di bibir lantai. Terlihat pula para petani, nelayan dan juga para pelajar yang turut berjibaku menanam tumbuhan air payau tersebut. 

Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo mengutakan, menanam mangrove bertujuan melestarikan lingkungan karena bisa mencegah abrasi. 

"Untuk di Asemdoyong kita tanam 5.000 pohon, dan akan berkelanjutan ke wilayah pantai lainnya di Pemalang," ujarnya. 

Ditargetkan hingga Desember 2021, sebanyak 65 ribu bibit pohon menurutnya sudah akan diitanam di seluruh wilayah pantai di Pemalang. 

"Harapannya ke depan, mangrove yang kita tanam berkala ini dapat bermanfaat untuk mencegah abrasi dan menjaga kelestarian lingkungan untuk generasi yang akan datang," ujarnya. 

Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo mengatakan, potensi abrasi di wilayanya diakuinya cukup berat. Namun hal itu tak boleh dibiarkan dan perlu diantisipasi. 

"Karena ini memang berhubungan dengan alam, karena itu harapan kedepan kita bisa memasang sabuk hijau pantai berupa pohon mangrove ini di seluruh pantai di Pemalang," pungkasnya. (sul/zul)

Sumber: