Warga Brebes yang Tinggal di RTLH Akhirnya Dapat Bantuan Rehab Rumah

Warga Brebes yang Tinggal di RTLH Akhirnya Dapat Bantuan Rehab Rumah

Setelah menempati rumah tidak layak huni (RTLH) beberapa tahun terakhir, akhirnya dua keluarga di Brebes mendapatkan bantuan rehab rumah. Diketahui, rumah yang berada di Desa Ketanggungan Kecamatan Ketanggungan ini milik saudara Kurdi (75). 

Seperti diberitakan sebelumnya, rumah berdinding kayu lapuk itu berada tak jauh dari bantaran Sungai Babakan. Bahkan, rumah yang dihuni enam orang (dari dua keluarga) itu sering terendam banjir saat musim hujan tiba. 

Bahkan, untuk mengantisipasi banjir, kepala keluarga berinisiatif membuat gubuk panggung menggunakan kayu dan bambu. Gubuk panggung itu, digunakan sebagai tempat tidur untuk semua penghuni rumah karena lantai rumah selalu terendam banjir. 

Diketahui, rumah tersebut dihuni oleh Kurdi (75) dan kedua anaknya. Selain itu, juga dihuni satu menantunya dan seorang cucu yang masih balita. Mereka tinggal di rumah yang dibuat mirip panggung dari bambu itu lantaran lantai rumah yang sudah tidak layak huni lagi. 

Kasi Perumahan Formal Swadaya Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Dinperwaskim) Kabupaten Brebes Irfanudin yang datang ke lokasi mengatakan, pihaknya telah melakukan verifikasi lapangan (verlap) dengan langsung mengunjungi rumah Kurdi. 

Dari hasil verlap itu, pihaknya memberi bantuan berupa material untuk rehab rumah tersebut. 

"Dan mulai hari ini rehab rumah sudah mulai dilakukan. Selain dari pemerintah berupa material, rehab rumah Pak Kurdi juga dibantu beberapa pihak seperti anggota dewan," ungkapnya. 

Sementara itu, setelah sekian lama tinggal di RTLH, Kurdi mengaku senang akhirnya rumahnya bisa direhab. Pasalnya, sudah beberapa kali pihaknya mengajukan bantuan rehab rumah namun belum ada tanggapan. 

"Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan ke keluarga kami. Pasalnya, sudah berapa kali rumah saya dikunjungi anggota dewan namun belum juga direhab. Hingga akhirnya, baru hari ini langsung direspon oleh pemerintah dan Anggota DPR RI Paramitha Widya Kusuma yang langsung memberikan bantuan untuk keluarga kami," ucapnya. 

Ditemui di tempat yang sama, Anggota DPR RI Paramitha Widya Kusuma awalnya mendapat informasi bahwa ada warga Brebes, yakni keluarga Kurdi yang tidur di rumah kurang layak. Sebagai warga Ketanggungan, lanjut dia, dirinya merasa harus membantu keluarga Kurdi yang tinggal di rumah tidak layak. 

"Insya Allah hari ini mulai dibongkar dan langsung direhab. Semoga progesnya bisa cepat," singkatnya. (ded/ima)

Sumber: