SMA/SMK Piloting Diizinkan Gelar PTM Terbatas Mulai, Senin (30/8) Lusa, Campuran PTM dan PJJ

SMA/SMK Piloting Diizinkan Gelar PTM Terbatas Mulai, Senin (30/8) Lusa, Campuran PTM dan PJJ

SMA/SMK piloting yang telah menjalani uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) diinstruksikan menjalankan PTM terbatas mulai, Senin (30/8) lusa.

Perintah tersebut sesuai dengan Instruksi Mendagri dan Instruksi Gubernur yang ditindaklanjuti dengan Nota Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, 26 Agustus lalu.

Demikian disampaikan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XI, Drs. Samsudin MPd saat membuka Workshop Penguatan Kerja Sama SMK Pusat Keunggulan dengan Iduka di SMK Muhammadiyah 1 (Mutu) Kota Tegal, Jumat (27/8).

“Perintahnya, mulai Senin 30 Agustus 2021, PTM Terbatas. Sekolah mana (yang diinstruksikan menjalankan PTM Terbatas)? Yakni sekolah yang sebelumnya pernah mengikuti uji coba PTM,” kata Samsudin.

Samsudin menyampaikan, PTM Terbatas diikuti maksimal oleh 25 persen dari jumlah siswa. Sekolah piloting yang siap menyelenggarakan PTM Terbatas agar melaporkan ke Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XI.

Selain itu, SMA/SMK Piloting dimaksud diharapkan mendesain pembelajaran blended learning. Yakni model pembelajaran campuran PTM dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dari rumah.

“Bagi yang sudah PTM Terbatas, PJJ tolong diefektikan, agar bisa melakukan pendidikan karakter. Karena Jateng adalah provinsi berintegritas,” jelas Samsudin.

Sementara bagi sekolah yang belum pernah melaksanakan uji coba PTM, diarahkan untuk menjalani simulasi PTM Terbatas terlebih dulu. “Syaratnya, PPKM Level 3 atau 2. Di Cabang Dinas Penddikan Wilayah XI, Kota Tegal berstatus Level 4, Brebes Level 3. Pesan Gubernur, tidak boleh grasa-grusu. Hati-hati,” imbuh Samsudin.

SMK Mutu sendiri merupakan salah satu sekolah piloting di Kota Tegal yang telah melaksanakan uji coba PTM. Karena itu, Kepala SMK Mutu Drs Riswanto MM menyatakan sekolah yang dipimpinnya siap menjalankan PTM Terbatas.

Kesiapan tersebut juga dikuatkan Ketua Majelis Dikdasmen PDM Kota Tegal Sihono SPd MM. Acara dihadiri Ketua Majelis Dikdasmen PDM Kota Tegal Sihono SPd MM, Kepala SMK Mutu Drs Riswanto MM, dan Pimpinan Perusahaan. (nam/zul)

Sumber: