Wisata Guci Hanya Boleh Dikunjungi Warga Lokal yang Sudah Divaksin Jika Dibuka, Senin (23/8) Lusa

Wisata Guci Hanya Boleh Dikunjungi Warga Lokal yang Sudah Divaksin Jika Dibuka, Senin (23/8) Lusa

Pemkab Tegal berencana bakal membuka kembali Obyek Wisata Pemandian Air Panas Guci, Bumijawa, Senin (23/8) mendatang. Saat ini, Bupati Tegal telah melayangkan surat permohonan ujicoba pembukaan obyek wisata favorit itu ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Hal itu terungkap saat Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal bersama Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tegal, dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal melakukan rapat pembahasan ihwal rencana tersebut, di ruang Komisi IV, Rabu (18/8). 

"Bupati sudah mengusulkan ke Mendagri untuk ujicoba pembukaan Wisata Guci. Rencananya mulai, Senin (23/8) nanti. Tapi, ujicoba nunggu surat balasan dari Mendagri," kata Kepala Disparpora Kabupaten Tegal, Saidno. 

Menururnya, kondisi wilayah Desa Guci berbeda dengan tempat wisata lainnya. Selain sebagai obyek wisata, di wilayah Guci juga sebagai permukiman penduduk, sehingga hanya wisata Guci yang baru diusulkan untuk dilakukan ujicoba.

"Nanti ujicobanya secara terbatas dan bersyarat. Terbatas dengan maksimal pengunjungnya 20 persen dan bersyarat bagi warga yang telah divaksin. Itu pun khusus untuk warga Kabupaten Tegal saja. Luar kabupaten belum bisa diizinkan," terangnya. 

Dia mengungkapkan, ujicoba akan dilakukan pembatasan jam operasionalnya. Mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Sedangkan pembayaran tiketnya menggunakan aplikasi e-tiketing. Setiap seminggu sekali akan dilakukan evaluasi bersama Satgas Covid-19 Kabupaten Tegal. 

Sementara itu, berdasarkan data dari Satgas Covid-19 Kabupaten Tegal, sampai 16 Agustus lalu, khusus di sekitar Obyek Wisata Guci tidak ada warga yang terpapar Covid-19. 

"Adapun capaian angka vaksinasi bagi warga masyarakat dan pelaku usaha di Guci telah mencapai Iebih dari 80 persen," kata Saidno. 

Kepala Dinkes Kabupaten Tegal, dr Hendadi Setiadi menuturkan bagi warga Guci yang belum divaksin25-26 Agutus nanti akan dilakukan vaksinasi massal di Gedung Pertemuan di dekat WKJ Kalibakung.

Diharapkan warga Guci bisa mengikuti vaksinasi tersebut untuk menjaga penyebaran Covid-19 dari para pengunjung. "Pendaftaran melalui online dengan akses di http://vaksin.tegalkab.go.id," ujarnya.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal, Hj Noviatul Fatoh bersyukur bahwa keluhan warga yang ditampung Komisi IV melalui audiensi pada Senin (16/9), direspon positif Bupati Tegal.

Namun, realisasi ujicoba pembukaan Guci menunggu surat balasan dari Mendagri. Diharapkan, surat balasan itu bisa direspon baik, sehingga masyarakat Guci bisa memperoleh pendapatan dari obyek wisata tersebut. 

"Tapi, kami meminta pelaku wisata dan warga Guci untuk taat protokol kesehatan," ujarnya. 

Novi menambahkan, Komisi IV juga meminta agar dilakukan penyisiran data warga yang belum mendapatkan bantuan.

Sumber: