Subsidi Gaji Rp1 Juta Sudah Ditransfer ke Rekening Anda, Begini Cara Ceknya...

Subsidi Gaji Rp1 Juta Sudah Ditransfer ke Rekening Anda, Begini Cara Ceknya...

Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) hari ini, Kamis (12/8) kemarin, mulai mencairkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau subsidi Rp1 juta per pekerja.

Pencairan akan ditransfer ke rekening penerima BSU melalui bank BUMN, yaitu BRI, BNI, BTN, dan Mandiri. Besaran pencairan BSU 2021 adalah Rp 500.000 per bulan selama dua bulan yang akan diberikan dalam satu tahap berbentuk bantuan tunai.

Dapat disampaikan, bahwa BLT subsidi gaji tahun 2021 berbeda lebih sedikit dibandingkan program yang sama pada tahun lalu. Terlebh, hanya berlaku untuk wilayah yang masuk PPKM Level 4 dan PPKM Level 3.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) memstikan, bahwa penyaluran BLT subsidi gaji Rp1 juta tidak bisa dicairkan secara serentak kepada 8,7 juta pekerja sekaligus.

"BLT subsidi gaji tahap I baru cair untuk 947.499 pekerja," kata Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi, Kamis (12/8).

Sanusi menjelaskan, alasan BLT subsidi gaji tidak cair sekaligus dikarenakan pemerintah ingin penyaluran BLT subsidi gaji tahun ini tepat sasaran. "Untuk itu, kami membutuhkan waktu yang lama untuk verifikasi dan validasi data dari BPJS Ketenagakerjaan," ujarnya.

Menurut Sanusi, Kementerian Ketenagakerjaan sangat berhati-hati dalam penyaluran program bantuan tersebut. Tujuannya, agar penerima subsidi gaji bisa tepat sasaran.

"Saat ini kita sedang padankan data dengan program PKH, prakerja dan BPUM," pungkasnya.

Dapat diektahui, untuk bisa mendapatkan bantuan BLT Subsisi gaji, pekerja/buruh harus memenuhi seluruh persyaratan sebagaimana diatur dalam Permenaker Nomor 16 Tahun 2021,.

Calon penerima BLT subsidi gaji juga diprioritaskan bagi pekerja yang belum menerima bantuan seperti program kartu prakerja, program keluarga harapan, atau program bantuan produktif usaha mikro. 

Untuk cara mengecek siapa saja daftar penerima BLT subsidi gaji, pekerja hanya perlu mengeceknya secara online di laman resmi BPJS Ketenagakerjaan.

Berikut cara cek penerima BLT subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan:

- Buka laman https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/bantuan-subsidi-upah.html#halaman-cek-bsu.

- Scroll atau geser ke bagian bawah.

Sumber: