Di Tengah Pandemi, Ketua KPU Brebes Rilis Tiga Buku

Di Tengah Pandemi, Ketua KPU Brebes Rilis Tiga Buku

Selama pandemi Covid-19, Ketua KPU Kabupaten Brebes M. Riza Pahlevi merilis tiga buah buku. Ketiga buku tersebut yakni berjudul DPRD Kabupaten Brebes dari Masa ke Masa, Mengawal Pemilu di Daerah dan Meraih Kursi DPR/DPRD. 

"Selama pandemi Covid-19 ini saya sudah merilis tiga buah buku. Dan semua buku yang saya tulis berkaitan dengan KPU," ujarnya, Selasa (10/8). 

Bahkan, dirinya juga telah menyerahkan ketiga buku tersebut ke Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Brebes. Penyerahan buku tersebut bertujuan menambah koleksi baca di perpusda.

Ketiga buku tersebut diterima langsung Kabid Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Brebes Fatkhiyaturrohmah. 

Sebelumnya, Reza, demikian panggilan akrabnya, juga menyumbang bukunya yang berjudul Jurnalistik, Teori dan Praktik. 

"Apalagi untuk sumber-sumber bacaan di bidang politik dan pemilu masih sangat jarang. Dan saya juga mengajak kepada penulis lokal untuk tetap berkreasi (khususnya di bidang tulis)," jelasnya. 

Dikatakan, meski hanya tiga buku, langkah itu dilakukan untuk memperkaya perpustakaan dengan penulis-penulis lokal, yang memang masih jarang, apalagi di bidang politik dan pemilu. 

Diharapkan dengan sumbangan buku tersebut, sedikit membantu referensi bagi mahasiswa maupun masyarakat umum yang ingin belajar tentang politik dan Pemilu. 

Sementara itu, Kabid Perpustakan Fatkhiyaturrohmah mengucapkan terima kasih kepada Reza, yang telah menginisiasi sumbangan buku karyanya tersebut. Diharapkan ke depan akan muncul penulis-penulis lokal, yang menerbitkan bukunya dan disimpan di sini. 

"Ke depan kita harapkan ada display khusus untuk karya-karya penulis Brebes di perpusda ini,” katanya. 

Ditambahkannya, memang sebelumnya ada penulis lokal yang menyumbangkan hasil karyanya. Namun, masih jarang. Contohnya ada dari Lingkar Pena, yang bekerja sama dengan pihaknya menerbitkan buku tentang pandemi ini. 

Ditambahkan, pihaknya saat ini juga tengah berupaya mengembangkan gedung perpusda agar lebih layak lagi. Sehingga pengunjung yang ada, bisa lebih menikmati layanan di perpusda dengan nyaman dan kerasan untuk membaca buku. 

“Kita baru saja mengajukan proposal DAK, mudah-mudahan bisa terwujud keinginan yang sudah lama. Untuk lahan sudah siap di dekat Taman Edukasi,” ujarnya. (ded/ima)

Sumber: