Fraksi PKB Kabupaten Tegal Tolak Keras Guci untuk Isoman, Simak Alasannya

Fraksi PKB Kabupaten Tegal Tolak Keras Guci untuk Isoman, Simak Alasannya

Fraksi PKB DPRD Kabupaten Tegal menolak keras hotel dan vila di kawasan Obyek Wisata Guci, Bumijawa Kabupaten Tegal untuk pasien yang sedang menjalani isolasi mandiri (Isoman) Covid-19. 

"Saya selaku ketua Fraksi PKB dan ketua Komisi 4 DPRD menolak adanya wacana Pariwisata Guci yang akan dijadikan lokasi isoman pasien Covid-19," kata Noviatul Faroh, Senin (12/7).

Dirinya tak menampik, di wilayah Dapil V (Kecamatan Bojong, Bumijawa dan Jatinegara) memang membutuhkan tempat untuk pasien isoman. Namun, alangkah baiknya jangan dipusatkan di kawasan wisata Guci. Di tiga kecamatan tersebut masih banyak yang bisa dijadikan tempat isoman. Misal, di tempat Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) dan sejumlah padepokan atau tempat lainnya.

"Jangan libatkan daerah wisata untuk lokasi isoman karena akan berdampak untuk ke depannya. Dan kasihan warga Gucinya karena merasa tertekan dengan keadaan yang sekarang," ujarnya.

Dia berharap, selama PPKM Darurat diberlakukan, pasien Covid-19 dapat menurun drastis. Masyarakat juga harus patuh terhadap protokol kesehatan untuk menekan angka pasien Covid-19. 

"Saya minta dinkes dan disporapar agar selalu berkoordinasi dengan Komisi 4, sehingga masalah seperti ini tidak terulang kembali," ucapnya.

Terpisah, Kepala UPTD Pariwisata Guci Achmad Abdul Khasib mengatakan jika rencana kawasan Obyek Wisata Guci untuk tempat pasien isoman dibatalkan.

Pembatalan ini dilakukan bupati Tegal setelah adanya aksi demo puluhan warga Desa Guci dan Dukuh Pekandangan Desa Rembul yang menolak rencana tersebut, Minggu siang (11/7).

Menurut Khasib, setelah adanya aksi demo penolakan dari warga, dia langsung melapor ke Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar). Informasi itu lalu masuk ke bupati. 

Setelah mempertimbangkan berbagai masukan, diputuskan bahwa kawasan Guci tidak akan dijadikan tempat isolasi pasien Covid-19.

“Intinya tidak akan meneruskan. Ini yang menyampaikan bupati lho ya. Barusan siang tadi. Intinya kawasan Guci tidak jadi untuk tempat isolasi pasien Covid-19,” kata Khasib.

Dia menjelaskan, wacana tempat isolasi pasien Covid-19 di kawasan Objek Wisata Guci sebenarnya baru sebatas rencana. 

Rencana ini mencuat setelah Ketua Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Tegal M. Khuzaeni mengusulkan hotel dan vila di kawasan Objek Wisata Guci dijadikan tempat isoman warga Kecamatan Bojong dan Bumijawa yang terkena Covid-19.

“Karena ada pemberitaan itu warga Dukuh Pekandangan rapat ternyata mereka menolak. (Isolasi) Itu kan baru rencana, penjajakan,” ujarnya.

Sumber: