Kasus Positif Covid-19 Meningkat, Kota Tegal Kini Zona Oranye

Kasus Positif Covid-19 Meningkat, Kota Tegal Kini Zona Oranye

Setelah sempat mengalami penurunan, kasus positif Covid-19 kini mulai terjadi peningkatan. Akibatnya, Kota Tegal yang semula masuk di zona kuning kini meningkat menjadi oranye.

Kepala Dinas Kesehatan dr Sri Primawati Indraswari mengatakan, pasca-Lebaran mulai terjadi peningkatan kasus. Sehingga, Kota Tegal yang selama tiga bulan sebelumnya berstatus zona kuning atau risiko rendah, berubah menjadi oranye atau sedang.

"Berdasarkan 15 indikator penilaian epidemiologis, Kota Tegal berada pada nilai 2, 21 dengan risiko sedang. Artinya risiko penularan Covid-19 berada pada zona oranye," katanya. 

Prima menyebut, data terakhir secara kumulatif hingga Selasa (8/6), jumlah kasus yang terjadi sebanyak 2342 kasus sejak awal pandemi Covid 19. Rinciannya, 17 dirawat, 23 isolasi mandiri, 2.146 sembuh dan 148 meninggal dunia.

Kemudian, kata Prima, untuk pasien suspek secara kumulatif ada 761 pasien. Rinciannya 23 dirawat, 327 selesai isolasi, 349 sembuh, 62 meninggal. 

"Terkait itu, kita akan terus mengoptimalkan Jogo Tonggo melalui PPKM. Selain itu juga melakukan upaya pengendalian melalui tracing dan testing secara masif," katanya.

Pihaknya juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak abai dan selalu mematuhi protokol kesehatan.

"Pencegahannya yakni dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan menjauhi kerumunan,” pungkasnya. (muj/ima)

Sumber: