Mau Balik Lagi ke Jakarta? Ini Titik-titik Lokasi Random Cek Antigen di Jalan Tol

Mau Balik Lagi ke Jakarta? Ini Titik-titik Lokasi Random Cek Antigen di Jalan Tol

Untuk menekan penyebaran penularan Covid-19, Jasa Marga bersama Satgas Covid-19 Daerah mendukung pelaksanaan random check antigen di sejumlah lokasi di jalan tol.

Proses screening dilakukan secara random dengan Rapid Test Antigen untuk kendaraan dengan plat nomor di luar wilayah aglomerasi.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, dalam pelaksanaannya, Jasa Marga menyediakan lokasi dan kelengkapan Posko serta berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk pengaturan lalu lintas.

Sementara itu untuk peralatan tes, petugas medis hingga ambulans disediakan oleh Satgas COVID-19 daerah atau Dinas Kesehatan setempat.

Ia melanjutkan, apabila pengguna jalan terindikasi positif COVID-19, maka akan diamankan oleh satgas COVID-19 Daerah dengan Ambulans ke Rumah Sakit Rujukan, sesuai Standar Operasional Prosedur Satgas COVID-19 Daerah.

"Beberapa lokasi Rapid Test Antigen di Jalan Tol Jasa Marga Group yang sudah berjalan mulai hari ini di antaranya adalah KM 47B Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Rest Area KM 38B Jalan Tol Jagorawi, Rest Area KM 149B dan Km 125B Jalan Tol Padaleunyi, Rest Area KM 97B dan KM 72B Jalan Tol Cipularang, Gerbang Tol (GT) Kalikangkung dan Rest Area KM 360B Jalan Tol Batang-Semarang serta GT Ngawi dan Rest Area KM 519B Jalan Tol Solo-Ngawi,” ujar Heru.

Selain upaya-upaya dalam melakukan pengendalian transportasi, Jasa Marga bersama Indonesia Flying Club masih terus melakukan pemantauan melalui udara pada 16-17 Mei yang terintegrasi dengan Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC) untuk mendapatkan sumber informasi secara real time, cepat dan efisien.

Sementara itu untuk layanan transaksi, Jasa Marga juga turut mengantisipasi adanya pengalihan lalu lintas di gerbang tol terdekat dengan posko penyekatan.

Dengan adanya sejumlah titik lokasi penyekatan dan random test antigen di Jalan Tol Jasa Marga Group, Heru meminta pengguna jalan untuk mengatur perjalanannya agar tidak pulang bersama-sama, Sabtu-Minggu (16-17/5).

“Antisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan) saat berada di Tempat Istirahat. Informasi lalu lintas di seputar jalan tol dapat diakses melalui Call Center 24 Jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 3.0 untuk pengguna iOS dan Android,” tutup Heru. (khf/zul/fin)

Sumber: