Covid-19 di Pemalang Masih Berpotensi Menular, Panitia Salat Idul Fitri Diharapkan Tidak Sepelekan Prokes

Covid-19 di Pemalang Masih Berpotensi Menular, Panitia Salat Idul Fitri Diharapkan Tidak Sepelekan Prokes

Berdasarkan pantauan website resmi Satgas Covid-19 Kabupaten Pemalang, penyebaran virus corona di daerah ini mencapai 4487 kasus. 

Dari data tersebut, 266 pasien tercatat meninggal dunia. Masyarakat pun diminta tetap memperhatikan protokol kesehatan saat melaksanakan salat Idul Fitri. 

Demikian juga disampaikan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pemalang Khodori. 

Meski secara data mengalami penurunan dibanding tahun lalu, menurutnya, potensi penyebaran virus corona belum benar-benar berakhir. 

"Meski mengalami penurunan, kita tidak boleh lengah sedikitpun, sebab pandemi ini belum benar benar berakhir, artinya masih ada potensi penularan lagi," katanya, Selasa (11/5).

Ia pun meminta panitia sebaiknya menyediakan fasilitas prokes seperti masker, tempat cuci tangan, maupun alat pengukur suhu tubuh dan tidak menciptakan kerumunan usai salat Idul Fitri.

Kemudian ia juga berharap, panitia memperhatikan kapasitas tempat salat, jangan sampai melebihi kapasitas yang ada. 

"Panitia maupun jemaah salat Idul Fitri harus sama-sama sadar diri dan tetap taat melaksanakan prokes. Apabila salat sudah selesai usahakan langsung pulang ke rumah, dan hindari berkerumun," ujarnya. 

Pihaknya juga meminta masyarakat Kabupaten Pemalang yang masih berada di perantauan usahakan mematuhi anjuran pemerintah untuk tidak mudik, demi kebaikan bersama. Sebab menurutnya aktivitas perjalanan memiliki risiko tinggi terpapar Covid-19. (sul/ima)

Sumber: