Antisipasi Pemudik, Dewan Minta Satgas Covid-19 Kabupaten Hingga Desa Disiagakan

Antisipasi Pemudik, Dewan Minta Satgas Covid-19 Kabupaten Hingga Desa Disiagakan

Memasuki H-2 menjelang lebaran, jumlah pemudik asal Kabupaten Brebes yang sudah tiba di kampung halamannya sudah mencapai 10.406 orang. Peningkatan jumlah pemudik ini membuat DPRD Brebes meminta Satgas Covid-19 tingkat kabupaten hingga desa untuk dimaksimalkan.

Anggota DPRD Kabupaten Brebes, M. Rizki Ubaidilah mengatakan Satgas Covid-19 baik tingkat kabupaten hingga desa untuk bisa memanfaatkan betul Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Di mana, PPKM mikro ini diharapkan bisa terus memantau masyarakat Brebes yang baru pulang dari perantauan.

“Terkait lonjakan pemudik saya minta tugas pemerintah daerah nanti siap-siap untuk pendataan tingkat desa. Pemda harus betul-betul memanfaatkan PPKM Mikro,” ungkapnya, Selasa (11/5).

Dalam kesempatan tersebut, dirinya mengimbau kepada Satgas COvid-19 tingkat kabupaten untuk terus memberikan masukan kepada Satgas Covid-19 tingkat desa untuk ditingkatkan lagi. Bagaimanapun, mereka (Satgas tingkat desa) merupakan ujung tombak dalam pencegahan Covid-19.

“Misalnya, ada prosedur yang harus dilakukan di Satgas Covid-19 tingkat desa jika ada warganya yang baru pulang dari perantauan. Seperti halnya, pengecekan suhu tubuh dan lainnya dalam mendeteksi secara dini penyebaran Covid-19 di Brebes,” ucapnya.

Kepada para pemudik yang sudah tiba di Kabupaten Brebes, Uki sapaan akrab M. Rizki Ubaidilah mengatakan, untuk tetap menjaga kesehatan diri sendiri keluarga dan masyarakat sekitar. Sedangkan untuk perantau yang belum pulang, dirinya meminta kepada mereka untuk utamakan kesehatan dan keselamatan keluarga yang ada di rumah (agar tidak mudik).

“Memang berat untuk tidak mudik. Tapi pemerintah berusaha melindungi segenap warga Negara Indonesia dari penyebaran Covid-19 dengan larangan mudik,” pungkasnya. (ded/zul)

Sumber: