Bobby Copot Kepala Dinkes di Medan, di Solo Gibran Juga Nonaktifkan Lurah Gajahan

Bobby Copot Kepala Dinkes di Medan, di Solo Gibran Juga Nonaktifkan Lurah Gajahan

Lurah Gajahan Suparno akhirnya resmi dinonaktifkan Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming per, Senin (3/5) hari ini. Pejabat kelurahan itu dicopot sebagai buntut tanda tangan dalam edaran dugaan pungli beberapa waktu lalu.

Usai mengembalikan sejumlah uang kepada para pemilik toko, putra sulung Presiden Joko Widodo itu memastikan bahwa Pemerintah Kota Surakarta mengambil sikap tegas atas kelalaian Lurah Gajahan tersebut.

Menurut Gibran, penarikan iuran zakat semacam itu tidak bisa dibenarkan di lingkungan pemerintahan. "Lurah terkait resmi saya copot dari jabatannya. Pemecatan efektif mulai Senin (3/5) besok," kata dia, Minggu (2/5) siang, seperti dilansir Radar Solo.

Berdasarkan konfirmasi dengan pihak-pihak terkait, diketahui bahwa pungli iuran zakat itu diduga untuk memberikan uang THR untuk linmas kelurahan yang diinisiasi oleh komandan linmas.

Kendati demikian, Pemkot Surakarta tak akan memberikan toleransi terkait pungutan liar tersebut. "Dalam suratnya itu kan minta zakat, sedekah, fitrah, itu tidak boleh. Lurah ikut tanda tangan itu makin salah," kata Gibran. (ves/dam/fer/jpr)
 

Sumber: