Di Tol Palimanan Plat Nomor Luar Cirebon Akan Diputar Balik, Mobil yang Sudah Dicek Ditempeli Stiker

Di Tol Palimanan Plat Nomor Luar Cirebon Akan Diputar Balik, Mobil yang Sudah Dicek Ditempeli Stiker

Penyekatan jalur mudik dilakukan di Gerbang Tol Palimanan, Jawa Barat. Petugas akan memberhentikan kendaraan berpelat nomor dari luar Cirebon, kemudian menanyakan daerah asal dan tujuannya.

Kemudian, akan dilakukan pengecekan sesuai prosedur yang ada. Apabila tidak memenuhi, petugas akan langsung memutarbalikkan ke daerah asalnya.

Bagi para pengendara yang masuk dalam pengecualian yang diperbolehkan mudik, petugas akan memasang sticker sebagai tanda sudah dilakukan pengecekan.

Tidak hanya itu, pos penyekatan juga akan melakukan pengambilan sample swab secara acak kepada para pengendara. Hal ini dilakukan untuk tetap selalu menjaga protokol kesehatan.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letnan Jenderal TNI Doni Monardo saat meninjau simulasi berpesan jangan sampai ada posko yang kosong.

Pastikan petugas yang berjaga diatur agar tidak menyebabkan kendornya penjagaan, sehingga tidak ada kendaraan yang lolos. "Mohon diperhatikan sehingga posko penyekatan ini terus dijaga selama 24 jam," Kata Doni, Sabtu (1/5).

Diketahui, larangan mudik lebaran sudah resmi diumumkan pemerintah untuk meminimalisir mobilitas masyarakat. Salah satu langkah prefentif juga dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 dengan mengeluarkan Surat Edaran No. 13 Tahun 2021 berikut adendumnya.

Hal ini merupakan bentuk upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang masih menjadi musuh bersama.

Sementara itu, TNI/POLRI, Kementrian Perhubungan (Kemenhub), juga instansi lainnya mendukung larangan mudik dengan melakukan penyekatan di beberapa ruas utama jalur mudik. Adapun penyekatan ini tersebar di wilayah yang dianggap sering dilalui oleh para pemudik setiap tahunnya. (khf/zul/fin)

Sumber: