Ngeri! Asyik Bersih-bersih Rumah Kontrakan, Warga Salem Temukan Granat Aktif

Ngeri! Asyik Bersih-bersih Rumah Kontrakan, Warga Salem Temukan Granat Aktif

Salah seorang warga Kecamatan Salem, yakni Nurazijah (35) menemukan satu buah granat di rumah kontrakan milik tetangganya, yakni Almarhum Purnawirawan Sersan Mayor Abas yang tak lain mantan anggota Koramil 13 Salem Kodim 0713 Brebes. Diketahui granat nanas yang ditemukan warga tersebut masih aktif. 

Hal itu langsung dibenarkan oleh Danramil Salem melalui Peltu Jahri, Bati Tuud Koramil. Pria yang merupakan putra daerah Salem itu mengungkapkan bahwa granat nanas tersebut merupakan buatan PT Pindad. 

"Saat ditemukan granat nanas itu masih aktif. Ini karena cincin atau pin pengamannya masih ada atau terkunci,” ungkapnya, Jumat (30/4). 

Dijelaskannya, granat ditemukan oleh Nurzijah saat yang bersangkutan sedang membersihkan tumpukan material dinding kamar yang rapuh, sekitar pukul 08.15 WIB. Setelah menemukan granat tersebut, yang bersangkutan langsung melaporkan ke anggota TNI-Polri. 

“Saat ini granat masih berada di Makoramil Salem dan sudah kita laporkan kepada Dandim Brebes. Dan kemungkinan besar akan diserahkan kepada pihak Jihandak Polres Brebes untuk diledakkan,” jelasnya. 

Ditambahkannya, granat tersebut kemungkinan adalah sisa amunisi saat Almarhum Serma Abas tugas operasi Seroja di Timor Timur silam. Hingga yang bersangkutan meninggal pada awal Februari 2018, granat itu masih tersimpan rapi di dalam dinding kamar dan akhirnya ditemukan saat ini. (ded/ima)

Sumber: