Pasok Komponen Vendor Astra, YDBA Komitmen Dorong UMKM Binaan Tingkatkan Kualitas dan Naik Kelas

Pasok Komponen Vendor Astra, YDBA Komitmen Dorong UMKM Binaan Tingkatkan Kualitas dan Naik Kelas

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sangat diandalkan sebagai tulang punggung perekonomian nasional, utamanya bagi pemulihan ekonomi dari krisis berkepanjangan akibat pandemi Covid-19 saat ini. 

Itu pulalah yang menjadikan PT Astra Internasional Tbk melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), berkomitmen mendorong UMKM meningkatkan kualitasnya agar mampu berkembang dan naik kelas.

Data di Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UMKM) mencatat lebih dari 64 juta UMKM berkontribusi 14 persen terhadap total ekspor nonmigas saat ini. Selain itu juga 60 persen total investasi, 97 persen total tenaga kerja, dan 61 persen total PDB nasional.

Karenanya, Presiden RI Joko Widodo menekankan pentingnya kemitraan antara perusahaan besar dan UMKM. Kemitraan ini diharapkan dapat meningkatkan kelas UMKM di Indonesia.

Bahkan, baru-baru ini, Presiden Jokowi meminta keterlibatan UMKM ditingkatkan dalam rantai pasok industri, utamanya otomotif. Sehingga mendatangkan nilai tambah ekonomi nasional yang lebih besar.

Peningkatan keterlibatan UMKM dalam rantai pasok industri terus dilakukan Astra Internasional melalui YDBA. Selama ini, YDBA konsisten membina dan mengembangkan UMKM di Indonesia, melalui sejumlah program utama. 

Di antaranya pelatihan, pendampingan, fasilitasi pemasaran dengan memfokuskan pada sektor manufaktur, bengkel, kerajinan, serta pertanian.

Presiden Direktur PT Astra Internasional Tbk Djony Bunarto Tjondro berharap UKM dan UMKM binaan YDBA yang berada di Tier 1 dan sudah menjadi vendor Astra dapat meningkatkan kualitas mereka. Dengan demikian, lanjutnya, mereka dapat menjadi pemasok komponen atau spare part yang mampu berdaya saing kuat.

“Sedangkan UKM di Tier 2, mereka mampu menyerap berbagai training yang diberikan YDBA, baik mengenai manajemen dan teknik SOP (Standard Operastional Procedure) pembuatan spare part atau alat-alat pertanian, sehingga produk mereka dapat diserap oleh (UKM) Tier 1,” katanya.

Direktur Astra sekaligus Ketua Pembina YDBA Gita Tiffany Boer menambahkan, selain memberikan pelatihan dan pendampingan serta fasilitasi pemasaran, YDBA juga mendorong UMKM berinovasi mulai dari diversifikasi produk, proses bisnis, hingga pemasaran melalui optimalisasi pasar online.

Seperti diketahui, sejak didirikan pada 1980 hingga Desember 2020, YDBA telah membina 11.695 UMKM. Hingga Desember 2020, YDBA secara tidak langsung turut menciptakan 70.597 lapangan pekerjaan melalui UMKM yang difasilitasinya.

Untuk tahun ini, YDBA menargetkan pembinaan terhadap 300 UMKM di Indonesia. Saat ini, terdapat lebih dari 200 UMKM naik kelas menjadi usaha skala besar, baik nasional maupun internasional.

YDBA memberikan pelatihan pentingnya mentalitas dasar yang diharapkan dapat meningkatkan awareness dan komitmen UMKM untuk menjalankan bisnisnya masing-masing,” jelasnya.

Agar efektif, YDBA menggandeng Pemda setempat untuk memberikan pelatihan. Salah satunya, Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Tegal yang merupakan kolaborasi antara YDBA dan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Tegal.

Sumber: