Bangun dan Perbaiki Infrastruktur, Pemerintah Pusat Gelontorkan Bantuan Rp3 Triliun ke Kabupaten Tegal

Bangun dan Perbaiki Infrastruktur, Pemerintah Pusat Gelontorkan Bantuan Rp3 Triliun ke Kabupaten Tegal

Kabupaten Tegal mendapat bantuan dari pemerintah pusat sebesar Rp3 triliun. Bantuan itu untuk pembangunan dan perbaikan 14 kegiatan infratruktur secara bertahap.

Sekda Tegal Widodo Joko Mulyono, Senin (19/4) mengatakan, bantuan itu untuk membiayai 14 kegiatan. Di antaranya pembangunan Obyek Wisata Waduk Cacaban, pelabuhan perikanan dan penambahan jaringan PDAM di wilayah pantura, kemudian revitalisasi tiga pasar. 

Selain itu, juga ada peningkatan ruas Jalan Yomani-Guci dan pembangunan waduk di Desa Gantungan Kecamatan Jatinegara.

"Ruas Jalan Yomani-Guci dianggarkan Rp60 miliar. Sedangkan penambahan jaringan air bersih Rp300 miliar," katanya.

Tahap pertama yang direalisasikan di tahun ini, tambah Widodo Joko Mulyono, adalah pembangunan Waduk Cacaban, jaringan air bersih di pantura, pembangunan waduk di Jatinegara dan revitalisasi tiga pasar. Ketiga pasar itu dua di antaranya yaitu Pasar Guci dan Pasar Bumijawa. 

"Bantuan berupa kegiatan ini bertahap sampai tahun 2024," tambahnya.

Sementara saat disinggung dari kementerian manakah bantuan itu diperolehnya, bantuan itu dari Presiden RI Jokowi. 

Semula, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko melakukan mapping beberapa wilayah di Indonesia yang butuh bantuan dari pemerintah pusat. Kabupaten Tegal masuk dalam mapping itu dan mendapatkan bantuan berupa 14 kegiatan senilai Rp3 triliun.

"Di masa pandemi ini, Pemkab Tegal sangat minim anggaran infrastruktur. Dan alhamdulillah masih  dapat bantuan," ucapnya. (guh/ima)

Sumber: