Rayakan Hari Jadi Aquos yang ke-20 Tahun, Sharp Indonesia Gelar Kampanye Penjualan TV Bertabur Hadiah

Rayakan Hari Jadi Aquos yang ke-20 Tahun, Sharp Indonesia Gelar Kampanye Penjualan TV Bertabur Hadiah

Kesuksesan Sharp Corporation dalam memperkenalkan TV LCD Aquos ke dunia telah memasuki tahun ke-20. Pertama kali dirilis pada tanggal 1 Januari 2001. Aquos menjadi titik balik abad ke-21 bagi Sharp dalam mengubah semua TV tabung menjadi TV LCD dan menjadi simbol perubahan besar di dunia pertelevisian, khususnya bagi sejarah penyebaran TV LCD di Jepang.

Pengembangan LCD sendiri sudah jauh dilakukan oleh Sharp sejak lama. Pada tahun 1987 Sharp pertama kali merilis TV LCD berwarna 3 inchi Crystaltron 3C-E1 yang menggunakan modul Kristal cair TFT dengan 92.160 pixel. 

Kemudian pada tahun 1991, Sharp kembali merilis TV LCD pertama yang dapat dipasang pada dinding untuk digunakan sebagai display informasi pada museum.

Dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya, Sharp terus melakukan pengembangan guna meningkatkan performa baik dari segi kualitas gambar maupun ukuran. 

Hingga pada tahun 1999, Sharp merilis TV LCD 20 Inchi yang merupakan TV LCD terbesar pada masanya.

Pada tahun 2000, Sharp merilis TV LCD dengan definisi tinggi dan menggunakan lampu LED sebagai backlight-nya dan menjadi awal penggunaan TV LCD sebagai TV utama yang digunakan di ruang tamu. 

Evolusi perkembangan TV LCD kemudian terus berlanjut dari tahun 2001 hingga sekarang yang kini berganti menjadi TV LED. 

Di Indonesia sendiri, TV LCD Sharp mulai masuk pada tahun 2003, nama Aquos yang berasal dari kata latin Aqua dan kata bahasa Inggris  Quality digunakan guna mengekpresikan kualitas gambar sebening air. 

Kecenderungan masyarakat Indonesia yang semakin melek akan teknologi dengan dukungan kinerja koneksi internet yang semakin canggih, melatarbelakangi Sharp terus melakukan inovasi guna memenuhi kebutuhan pasar akan sebuah TV LED yang memiliki kualitas gambar dengan fitur yang beragam. 

“Sekarang fungsi sebuah TV jauh lebih berkembang tidak hanya sebagai alat untuk menonton tayangan musik dan film saja, namun kini sebuah produk TV dapat digunakan untuk berbagai macam kegiatan seperti streaming games hingga  hiburan lainnya,” ungkap Ardy selaku Head of Marketing AUVI Product Strategy.

Melihat permintaan pasar akan TV LED yang sangat besar di Indonesia, Sharp optimis dapat meningkatkan pasar hinga sebesar 25 persen. 

“Saat ini Sharp menguasai pangsa pasar sekitar 20,5 persen. Di tahun 2021, kami telah menyiapkan beberapa strategi untuk mencapai target tersebut,” jelas Ardy. 

Guna memperingati perayaan hari jadi Aquos yang ke-20 tahun, Sharp menggelar dua program penjualan produk TV.

Pertama, Sharp memberikan penawaran bagi konsumen yang membeli produk Android TV LED 42” ke atas. Setiap konsumen secara langsung berhak mendapatkan voucher Gameqoo, sebuah aplikasi games streaming selama 3 bulan dan berkesempatan untuk mengikuti program Sharp Share Happiness guna mendapatkan beragam hadiah langsung dan undian dengan nilai jutaan rupiah. 

Sumber: