Warganya Dilaporkan Meninggal Dunia Positif Covid-19, Kades Cihaur Minta Masyarakat Tetap Patuhi Prokes

Warganya Dilaporkan Meninggal Dunia Positif Covid-19, Kades Cihaur Minta Masyarakat Tetap Patuhi Prokes

Seorang warga Desa Cihaur Kecamatan Banjarharjo dilaporkan meninggal dunia setelah terkonfirmasi positif Covid-19, Sabtu (9/4). Jenazah tiba dan langsung dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) setempat dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. 

Kepala Desa (Kades) Cihaur Washar SE membenarkan informasi terkait salah seorang warganya meninggal setelah dilaporkan terkonfirmasi positif Covid-19. Sebelum dilaporkan meninggal, pasien sempat dilakukan perawatan di RSU Mitra Siaga Pemalang. 

"Iya benar ada warga kami yang meninggal karena terkonfirmasi positif Covid-19. Dan pemakaman dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," ungkapnya. 

Dirinya meminta kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada. Baik itu, memakai masker jika bepergian, menjaga jarak, mencuci tangan hingga mengurangi mobilitas atau berkerumun. 

"Tetap jangan panik, namun harus tetap patuhi protokol kesehatan. Selain mematuhi prokes, menjaga kesehatan dengan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) juga diperlukan di tengah pandemi seperti ini," ungkapnya. 

Ditambahkannya, pascaada salah seorang warganya yang meninggal, pihaknya telah melakukan penyemprotan disinfektan. Serta tetap berkoordinasi dengan tenaga kesehatan untuk langkah ke depannya. 

"Tetap kita koordinasi dengan gugus tugas terkait langkah selanjutnya. Apakah perlu adanya swab tehadap keluarga korban atau tidak. Yang jelas, kami dari pemerintah desa akan siap dan membantu keluarga yang sedang melakukan isolasi," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: