Dewan Minta Penyusunan RKPD 2022 Menyesuaikan Perubahan RPJMD

Dewan Minta Penyusunan RKPD 2022 Menyesuaikan Perubahan RPJMD

Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal telah menyelesaikan Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024. Selanjutnya, dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2022, diminta untuk disinkronkan dengan perubahan yang sudah dilakukan.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro, saat memberikan sambutan dalam giat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2021 dalam rangka RKPD 2022. Kegiatan digelar melalui zoom meeting, Kamis (8/4) yang dipusatkan di Command Room Kantor Dinkominfo.

Menurut Kusnendro, perencanaan penganggaran 2022 harus menyesuaikan dengan perubahan RPJMD yang sedang dilakukan. Sehingga sinkron dengan dokumen perencanaan yang sedang disesuaikan.

"Kami meminta kebijakan pemkot harus berkesinambungan dalam penyusunan RKPD juga dengan pokok-pokok pikiran DPRD. Baik dalam penyusunan kebijakan pengelolaan keuangan maupun penyelenggaraan urusan pemerintah daerah serta fokus pada program-program prioritas," katanya.

Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA) Kota Tegal Kelik Haryono menyampaikan, tujuan musrenbang itu memang untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan Kota Tegal. Diselaraskan dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan Provinsi Jawa Tengah/Nasional.

"Juga untuk mendapatkan masukkan penyempurnaan Rancangan RKPD 2022 yang memuat prioritas pembangunan daerah serta penajaman," ujarnya.

Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono mengatakan, perencanaan pembangunan daerah merupakan bagian dari satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional. Sehingga haruslah sinkron dan sinergi dengan perencanaan serta targetnya.

"Tema pembangunan di 2022 yakni Peningkatan Kesejahteraan Sosial serta Percepatan Pemulihan Perekonomian Daerah," jelasnya.

Dedy Yon berharap, tema yang telah ditetapkan benar-benar dapat diwujudkan dalam pembangunan di 2022 yang akan datang. Sehingga permasalahan-permasalahan pembangunan Kota Tegal dapat diatasi bersama. (muj/ima)

Sumber: