Tren Covid-19 di Kabupaten Tegal Turun, Setiap Hari Ada Orang yang Positif

Tren Covid-19 di Kabupaten Tegal Turun, Setiap Hari Ada Orang yang Positif

Kecamatan Pangkah tercatat sebagai wilayah terbanyak kasus Covid-19 hingga, Minggu (4/4) lalu. Untuk itu, warga diminta waspada dan tetap menjaga protokol kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal Hendadi Setiaji membenarkan hal itu. Menurutnya, terhitung hingga 4 April jumlah penderita Covid-19 di Kecamatan Pangkah mencapai 60 orang.

Dari jumlah itu, 48 orang menjalani isolasi mandiri di rumah. Sedangkan sisanya atau 12 orang di rawat di sejumlah rumah sakit di Kabupaten Tegal.

"Bulan kemarin yang kasusnya tinggi di Kecamatan Lebaksiu. Tapi sekarang wilayah Kecamatan Pangkah. Lebaksiu sekarang hanya sebelas orang," katanya, Senin (5/4).

Dia mengungkapkan, jumlah total kasus Covid-19 di Kabupaten Tegal sebanyak 5.301 orang. Rinciannya, pasien sembuh 4.887 orang, pasien yang sedang menjalani isolasi mandiri 156 orang, pasien yang dirawat 38 orang dan meninggal dunia 220 orang.

Dia tak menampik, kendati tren kasus Covid-19 menurun, tapi setiap hari selalu ada warga yang terpapar. "Hari Minggu (4/4) kemarin ada 16 orang yang dinyatakan positif Covid-19," ucapnya.

Hendadi menambahkan cara termudah untuk mencegah virus Corona yakni, selalu memakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun dan hindari kerumunan massa. Selain itu, harus selalu menjaga imun tubuh dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan bergizi.

"Kuncinya ada pada diri sendiri. Jika kita bisa menerapkan protokol kesehatan, Insha Allah terhindar dari virus Corona," tukasnya. (yer/zul)

Sumber: