Sharp Indonesia Raih Beragam Penghargaan Strategi Komunikasi

Sharp Indonesia Raih Beragam Penghargaan Strategi Komunikasi

JAKARTA–Seiring dengan perkembangan teknologi, kehadiran saluran komunikasi digital yang dapat menghubungkan berbagai pihak tanpa terhalang ruang dan waktu, memberikan dampak positif terhadap perkembangan ilmu komunikasi dan pemasaran tidak hanya di Indonesia tetapi di seluruh dunia. Hal tersebut membawa perubahan pada strategi penyebaran informasi pada stakeholder di mana mampu mendorong para pelaku humas khususnya untuk semakin kreatif dalam mengkomunikasikan pesan perusahaan guna menghadapi persaingan yang makin kompetitif. Dalam gelaran ajang penghargaan Indonesia PR of The Year 2021 besutan majalah Mix Marketing & Communication, Sharp Indonesia menorehkan dua prestasi dengan berhasil meraih penghargaan di kategori Senior PR Practitioner dan Marketing Public Relations Program. Pada kategori Senior PR Practitioner, Pandu Setio selaku Senior PR Brand Communication PT Sharp Electronics Indonesia berhasil meraih penghargaan sebagai Senior PR Practitioner of The Year. Kategori ini merupakan apresiasi terhadap kinerja seluruh praktisi PR di Indonesia. Dalam menentukan pemenang, tim peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan metode kualifikasi karakteristik serta performa praktisi dalam memberikan sentimen positif yang kemudian ditentukan melalui sistem voting oleh 50 jurnalis dari media cetak, radio, online, televisi di desk bisnis dan ekonomi. “Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada rekan-rekan jurnalis yang telah mendukung saya dan Sharp Indonesia selama ini, saya percaya sinergi yang baik antara praktisi humas dan jurnalis mampu menghasilkan sebuah berita yang tidak hanya valid namun terpercaya sehingga mampu memberikan informasi yang akurat bagi masyarakat,” ungkap Pandu. Pada kategori Marketing Public Relations Program, Sharp Indonesia berhasil melalui program Sharp Streaming Launching & Web Conference. Penilaian dilakukan berdasarkan penjurian dengan kriteria penilaian berupa konsep program berdasarkan kreativitas, pesan yang disampaikan melalui press release maupun statement juru bicara, dan juga hasil pemberitaan yang dipublikasikan oleh media. Indonesia PR of The Year 2021 menghadirkan 8 praktisi dan ahli komunikasi dan branding sebagai barisan tim penilai seperti Edhy Aruman, Teguh Poeradisastra, Dyah Hasto Palupi, dan Herning Bani Restu dari SWA Media Group serta mengundang Bambang Sumaryanto dosen ilmu komunikasi Universitas Indonesia, Arba’iyah Satriani, Head of Research Section Research & Community Service Department Universitas Islam Bandung, Elvera Makki, Direktur Komunikasi Mercedes-Benz, dan Sophia Bernadette, dosen dari London School of Public Relations (LSPR). Mengawali tahun 2021, kesuksesan publikasi yang dilakukan oleh Sharp Indonesia pun mendapatkan apresiasi lainnya dengan meraih penghargaan Indonesia Top Digital PR Awards 2021 untuk kategori mesin cuci. Apresiasi ini diberikan atas prestasi Sharp Indonesia yang berhasil membangun penyebaran berita di kanal digital. Penilaian didasari dari tiga aspek, yaitu Digital Media Aspect, Social Engagement Aspect, dan Digital Mention Aspect dalam kurun waktu November 2020 sampai Januari 2021 dan dilakukan melalui metode survei kepada 150 kategori bisnis dengan melibatkan lebih dari 1.000 perusahaan di Indonesia melalui riset digital seperti mesin pencarian google dan juga sosial media. Keberhasilan strategi komunikasi yang dijalankan oleh Sharp Indonesia mampu meningkatkan kesadaran publik hingga membentuk persepsi mengenai positioning Sharp dalam benak konsumen. Hal ini dibuktikan dengan raihan penghargaan bergengsi lainnya, yaitu Top Brand Awards 2021 untuk kategori lemari es dan mesin cuci, di mana lemari es dan juga mesin cuci dari Sharp menjadi produk yang paling diingat dan berada di benak (Top of Mind) konsumen Indonesia. Penganugerahan Top Brand 2021 diberikan berdasarkan kekuatan sebuah merek yang berhasil menduduki posisi puncak Top Brand Index seperti Top of Mind Share, Top of Market Share, dan Top of Commitment Share. Menggunakan metodologi survei yang mengambil sampel di 15 kota besar Indonesia. Memiliki 2 tahapan penjurian, penilaian penghargaan ini melibatkan 14.040 konsumen pria dan wanita dengan rentang umur 15 sampai 65 tahun dengan beragam latar belakang ekonomi. “Keberhasilan kami dalam mempertahankan gelar sebagai merek yang berada di benak konsumen selama 19 tahun merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa. Raihan ini memacu kami untuk semakin berinovasi dalam memberikan layanan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Melalui penyampaian informasi yang efektif dan efisien kami akan menjaga kepercayaan konsumen dengan baik,” tutup Pandu. (*/ima)

Sumber: