18 Warga Desa Luwijawa Menjadi Pendonor Darah Tetap, UDD Jemput Bola

18 Warga Desa Luwijawa Menjadi Pendonor Darah Tetap, UDD Jemput Bola

Sedikitnya ada 18 warga Desa Luwijawa Kecamatan Jatinegara menjadi pendonor tetap di PMI Kabupaten Tegal. 

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal melalui Unit Donor Darah (UDD) mendatangi Desa Luwijawa untuk mengambil darah pendonor tetap tersebut.

Kepala Desa Luwijawa Agus Suprayitno, Sabtu (20/3) mengatakan, kegiatan donor darah merupakan agenda rutin setiap 3 bulan sekali di desanya. Kegiatan tersebut dipusatkan di Balai Desa Luwijawa. Adapun, para pendonor dari unsur pemerintah desa, pemuda dan masyarakat Desa Luwijawa. Baik yang sudah aktif maupun yang baru menjadi pendonor sukarela.

"Totalnya sebanyak 18 pendonor tetap yang ada di sini," katanya. 

Dari jumlah tersebut, tambah Agus Suprayitno, golongan darah A ada 4 orang, golongan darah B ada 5 orang, golongan darah O ada 7 orang, golongan darah AB ada 2 orang dan yang gagal donor 1 orang. 

Menurutnya, donor darah ini baru bisa dilaksanakan selama pandemi seiring dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. 

"Semoga darah yang kami donorkan ini bermanfaat untuk warga yang membutuhkan," tambahnya.

Sementara itu, Staf UDD PMI Kabupaten Tegal Agung mengatakan, Desa Luwijawa merupakan desa binaan yang selalu aktif melakukan donor darah rutin setiap 3 bulan sekali. Dia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mendonorkan darahnya. (guh/ima)

Sumber: