Pandemi Covid-19, 1.879 Pencari Kerja Datangi Disperinaker Kabupaten Tegal

Pandemi Covid-19, 1.879 Pencari Kerja Datangi Disperinaker Kabupaten Tegal

Pada masa pandemi Covid-19, tercatat ada ribuan pencari kerja yang mendatangi Kantor Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Tegal. 

Di tahun 2021, terhitung sampai bulan Februari, ada 1.879 orang pencari kerja dengan 780 kesempatan kerja yang tersedia, 346 orang berhasil ditempatkan baik melalui program kerja lokal, antardaerah, maupun antarnegara. 

Kepala Bidang Penempatan Kerja Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Tegal Widiantoro SH, Kamis (18/3) mengatakan, pencapaian di tahun 2020 yakni sebanyak 15.189 orang pencari kerja, yang berhasil disalurkan mencapai 2.697 orang dari 2.704 lowongan pekerjaan yang tersedia. Tercatat pula pekerja Indonesia di luar negeri yang melalui jalur legal sebanyak 193 orang. Sementara pekerja dengan jabatan Anak Buah Kapal (ABK) mencapai ribuan orang. 

"Disperinaker menjamin perlindungan yang optimal bagi pekerja yang melalui jalur legal, dan masih memantau bagaimana perlindungan pekerja ABK ke depannya," katanya.

Di era pandemi, tambah Widiantoro SH, disperinaker melakukan beberapa terobosan untuk membuka kesempatan kerja. Dinas mencoba menghubungi perusahaan penyalur tenaga kerja Indonesia yang sifatnya outsourcing. Batam membutuhkan tenaga las (laki-laki) yang sudah terakreditasi, punya kompetensi. Jika belum ada kompetensi nanti dilatih. 

"Insya Allah, biaya pelatihan semuanya ditanggung pihak perusahaan. Sehingga pencari kerja jangan khawatir nanti terbebani,” tambahnya.

Selain itu, lanjut Widiantoro SH, untuk memudahkan para pencari kerja, nantinya ada sistem jemput bola pada saat pembuatan kartu kuning atau AK1 sehingga tidak terjadi pembludakan masyarakat yang datang ke dinas. (guh/ima)

Sumber: