Puskesmas Tanjung Ajak Warga Hidup Sehat dengan Germas

Puskesmas Tanjung Ajak Warga Hidup Sehat dengan Germas

Puskesmas Tanjung mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Kamis (19/3). Hal itu untuk mewujudkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang lebih baik. 

Kepala Puskesmas (Kapus) Tanjung drg Adhi Supriadi mengatakan, tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk mengajak warga agar melakukan pola hidup sehat. Bahkan, dalam pencanangan Germas tersebut, pihaknya juga mengajak kepala desa agar melaksanakan Germas di desa masing-masing. 

"Germas ini mengajak agar masyarakat mau dan mampu melakukan hidup sehat  dengan melaksanakan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari," ujarnya. 

Selain mengajak warga untuk mau dan mampu hidup sehat dengan melaksanakan aktivitas minimal 30 menit, dengan Germas, pihaknya mengajak kepada warga untuk makan sayur dan buah. Serta mengecek kesehatan secara berkala. 

"Dalam deklarsi Germas juga tadi ada penandatangan komitmen Germas oleh kepala desa, ketua BPD, ketua LPM, sekretaris desa, ketua FKD, tokoh masyarakat, tokoh agama dan perwakilan kader," ucpanya. 

Dirinya berharap dengan adanya Germas dapat mengubah pola hidup masyarakat menjadi lebih baik. Artinya masyarakat lebih baik mencegah daripada jatuh sakit, masyarakat harus terus selalu melaksanakan PHBS dengan baik. 

"Intinya dengan Germas ini kita mengajak masyarakat untuk mengedepankan pencegahan daripada pengobatan," pungkasnya.(ded/ima)

Sumber: