Sudah Diketok! 25 SD dan 17 SMP di Pemalang Terapkan Pembelajaran Tatap Muka Besok, 18 Maret

Sudah Diketok! 25 SD dan 17 SMP di Pemalang Terapkan Pembelajaran Tatap Muka Besok, 18 Maret

Kabar baik di Kabupaten Pemalang kali ini datang dari dunia pendidikan. Setelah cukup lama menjalani pembelajaran daring karena ulah pandemi, kini pemkab sudah membolehkan beberapa sekolah untuk kembali menerapkan pembelajaran tatap muka.

Kabid Pendidikan Dasar Dindikbud Pemalang Ani Khasanah juga menegaskan informasi itu. Menurutnya, ada 25 SD dan 17 SMP yang akan menjalani tatap muka terlebih dulu. Pelaksanaannya 18 Maret 2021.

"Siswa di sekolah itu akan berangkat 18 Maret, semua persyaratan sudah lengkap, termasuk izin dari Pak Bupati," kata Ani Khasanah saat dihubungi radartegal.com, Selasa (16/3).

Sekolah-sekolah tersebut ditunjuk untuk mengawali pembelajaran secara langsung karena menurutnya sudah dipersiapkan sejak lama. Persiapan itu antara lain adalah menyangkut ketersediaan prasarana penerapan protokol kesehatan. 

Ia menuturkan, percobaan pembelajaran tatap muka itu sendiri akan berlangsung dua minggu. Kemudian, jika dalam pelaksanaannya lancar atau tak ada kendala, akan dilanjutkan seterusnya. 

Dindikbud Pemalang, menurutnya juga sudah menerbitkan rambu-rambu pelaksanaan KBM tatap muka di masa pandemi. Antara lain berisi pembelajaran dilakukan secara bergiliran, dan sehari hanya empat jam pembelajaran.

Lalu untuk mengurangi interaksi, maksimal kelas juga hanya boleh diikuti 16 siswa dan seorang guru. 

"Kami sudah membuat pedoman tatap muka selama pandemi, namun teknis pengaturan pembagiannya diserahkan ke sekolah masing-masing, karena kondisi setiap sekolah pasti berbeda," tambahnya.

Sementara itu, untuk sekolah-sekolah lain kini sedang dalam persiapan untuk dapat segera menyusul pembelajaran tatap muka. (sul/ima)

Sumber: