Dua Warga Brebes Positif usai Kontak dengan Penyintas Covid B117, Dinkes Tunggu Hasil Litbangkes

Dua Warga Brebes Positif usai Kontak dengan Penyintas Covid B117, Dinkes Tunggu Hasil Litbangkes

Hingga saat ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes masih menunggu hasil pemeriksaan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Jakarta terkait dua warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Kedua pasien tersebut sebelumnya sempat kontak dengan warga Brebes lainnya yang penyintas virus varian baru (B117). 

"Informasinya hari ini hasilnya akan keluar. Jadi, kita menunggu kabar dari Litbangkes Jakarta terkait hasil pemeriksaan swab nasofaring dan serum yang kita kirimkan beberapa hari yang lalu," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Imam Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes Budi Santoso, Rabu (10/3). 

Imam menyebutkan, saat ini keduanya dalam kondisi yang normal. Keduanya saat ini tengah melakukan isolasi mandiri.

"Keduanya dalam kondisi sehat. Dan, saat ini masih dalam pemantauan kami," ungkapnya. 

"Kita harapkan hasilnya bisa keluar hari ini, serta hasilnya negatif dari virus varian baru. Sehingga, isolasinya cukup dilaksanakan di rumah," pungkasnya. 

Sebelumnya diberitakan, hasil tracking Polymerase Chain Reaction (PCR) terhadap delapan orang warga Kabupaten Brebes yang kontak erat dengan penyintas virus varian baru B117 telah keluar, Sabtu (6/3) malam. Hasilnya, dua di antaranya menunjukkan terkonfirmasi positif Covid-19. 

Kedelapan orang yang dilakukan tracking PCR beberapa waktu lalu yakni termasuk A (47) yang merupakan mantan TKI asal Kabupaten Brebes yang diduga penyintas virus varian baru (B117). Tujuh sisanya merupakan keluarga terdekat yang sempat kontak dengan A. 

"Hasilnya, dua dari delapan yang kita lakukan swab PCR terhadap mantan TKI penyintas B117 dan tujuh orang yang kontak erat dengannya menunjukkan positif Covid-19."

Dijelaskannya, kedua orang yang dinyatakan positif tersebut merupakan keluarga dekat A. Keduanya yakni, K dan M. Saat ini keduanya kembali menjalani pemeriksaan melaui swab nasofaring dan serum. 

"Untuk mengetahui positifnya karena
varian baru atau tidak, kita sudah melakukan pemeriksaan terhadap keduanya lewat swab nasofaring dan serum. Sudah kita kirim ke pusat, Minggu (7/3) malam," tambahnya. (ded/ima)

Sumber: