Dedy Yon Canangkan Gerakan Donor Darah Konvalesen bagi Pasien Covid-19

Dedy Yon Canangkan Gerakan Donor Darah Konvalesen bagi Pasien Covid-19

Sejumlah masyarakat di wilayah Kota Tegal mendeklarasikan diri sebagai pendonor darah konvalesen pada Senin (15/2) siang. Deklarasi paguyuban donot darah konvalesen itu disaksikan langsung Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono di gedung PMI setempat. 

Usai deklarasi, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan pihaknya bersyukur karena bersama PMI telah mencanangkan deklarasi paguyuban donor darah konvalesen. Harapannya dengan kegiatan itu, bisa menghimpun para penyintas Covid-19 yang sudah sembuh dengan rentang usia 18-59 untuk bisa mendonorkan darahnya. 

"Ini seperti pepatah sedia payung sebelum hujan. Sehingga jika ada yang membutuhkan bisa segera dipenuhi," katanya. 

Menurut Dedy Yon, dengan adanya paguyuban donor darah itu, jika ada masyarakat yang membutuhkan bisa menghubungi mereka. Demikian juga bagi warga daerah lainnya jika ada yang membutuhkan. 

Ketua PMI Kota Tegal drg Agus Dwi Sulistyantono mengatakan, konvalesen sama dengan donor darah pada umumnya. Hanya saja menggunakan kantong yang lebih besar yakni berkapasitas 440 cc. 

"Dari jumlah itu nantinya akan diolah dan diambil komponen yang dibutuhkan untuk ditransfusikan ke pasien yang membutuhkan," tandasnya. (muj/ima)

Sumber: