Abrasi Sungai Polaga Ancam Puluhan Rumah Penduduk di Watukumpul Pemalang

Abrasi Sungai Polaga Ancam Puluhan Rumah Penduduk di Watukumpul Pemalang

Puluhan rumah warga di RT 04 RW 01 Desa Bongas Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang, terancam rusak akibat abrasi Sungai Polaga yang terjadi terus menerus. 

Kades Bongas Arum Subiyakta, mengatakan, ada sekitar 25 rumah milik warga yang berdiri di sekitar bantaran sungai itu. 

"Ya abrasi, tadinya aliran sungai jauh dari pemukiman, tetapi dari tahun ke tahun semakin dekat. Sekarang jaraknya tinggal 4 meter dari rumah penduduk," kata Arum, saat dihubungi radartegal.com, Sabtu, (13/2).

Mengingat Polaga merupakan sungai besar, kondisi tersebut tidak jarang membuat warga yang tinggal di pemukiman itu cemas dan ketakutan. Terlebih saat hujan turun di malam hari. Warga tidak bisa tidur pulas, bahkan memilih untuk berjaga. 

"Kalau kondisi hujan deras warga ketakutan semua, apalagi malam hari, tambah ngeri," ucap Arum. 

Pemerintah desa, menurutnya, kini sedang menyiapkan proposal permohonan pembangunan brojong atau tanggul untuk penanggulangan.

Proposal akan diajukan ke BPBD Pemalang dan DPU-TR Pemalang. Namun karena diperkirakan membutuhkan dana besar, juga dikirim ke Pemprov Jateng. Dari penghitungannya, brojong perlu dibangun sepanjang 200 meter dengan ketinggian 4 meter. 

"Kalau tidak ada penanganan akan semakin parah, akan sampai ke rumah penduduk, untuk itu kita semua berharap segera dibangun brojong," pungkasnya. (sul/ima)

Sumber: