Sediakan Bantuan Warga Miskin, Pemkot Imbau Masyarakat Penuhi Kebutuhan Sebelum Gerakan di Rumah Saja

Sediakan Bantuan Warga Miskin, Pemkot Imbau Masyarakat Penuhi Kebutuhan Sebelum Gerakan di Rumah Saja

Masyarakat diimbau untuk memenuhi kebutuhan sebelum diterapkannya gerakan di rumah saja pada Sabtu-Minggu (6-7/2) mendatang. Pasalnya, sejumlah mall dan toko rencananya akan dilakukan penutupan. 

Sedangkan bagi warga kurang mampu, Pemerintah Kota Tegal rencananya akan menggelontorkan sejumlah bantuan. Hal itu akan dilakukan sebelum pelaksanaan gerakan yang diinisiasi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi mengatakan, sebelum penerapan gerakan itu, pemkot akan menggelontorkan bantuan sembako kepada masyarakat tidak mampu sesuai data dari dinas melalui Jaring Pengaman Sosial (JPS). Jumlahnya diperkirakan mencapai sekitar 26.000 orang. 

"Ada sekitar 26 ribu sasaran yang akan menerima bantuan sosial itu," katanya. 

Jumadi menegaskan, selama pemberlakuan gerakan di rumah saja, semua pusat keramaian dan tempat publik seperti pasar, mall, pariwisata, serta tempat rekreasi akan ditutup. Bahkan akan dilakukan penutupan akses jalan dan pemadaman lampu penerangan jalan umum.  

"Karenanya, kami mengimbau agar masyarakat bisa memanfaatkan waktu sebelum hari H untuk berbelanja. Agar kebutuhan pokok selama di rumah dua hari dapat terpenuhi," tandasnya. 

Jumadi menegaskan, masyarakat harus ikut serta menyukseskan program itu. Harapannya, bisa efektif dan bisa menekan angka penyebaran Covid-19. (muj/ima)

Sumber: