11 Tenaga Kesehatan Puskesmas Bumijawa Gagal Divaksin

11 Tenaga Kesehatan Puskesmas Bumijawa Gagal Divaksin

Sedikitnya ada 11 tenaga kesehatan (nakes) dan karyawan di Puskesmas Bumijawa Kabupaten Tegal yang gagal divaksin. Saat dilakukan screening oleh petugas, mereka tidak memenuhi persyaratan.

Camat Bumijawa Susworo, Kamis (28/1) membenarkan hal itu. Vaksinasi di Puskesmas Bumijawa diikuti oleh 41 orang yang melakukan registrasi. Dari jumlah itu, hanya 30 orang yang lolos screening. Sedangkan 11 orang lainnya dinyatakan tidak memenuhi syarat. 

Mereka ada yang pernah terkonfirmasi Covid-19, ada yang sedang menyusui bayi, dan memiliki tekanan darah tinggi serta mempunyai riwayat penyakit atau komorbid.

"Terpaksa pemberian vaksin untuk mereka ditunda. Menunggu instruksi pada dinas kesehatan nanti bagaimana," katanya. 

Vaksinasi yang dipusatkan di Puskesmas Bumijawa, tambah Susworo, dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB. Vaksinasi berjalan lancar dan kondusif. Para tenaga kesehatan dan karyawan yang sudah divaksin juga tetap sehat. Mereka tidak mengalami keluhan apapun.

"Pada prinsipnya, vaksinasi ini untuk mencegah Covid-19. Dan para penerima vaksin harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun," tambahnya.

Upaya mencegah penyebaran virus corona di wilayah Bumijawa, pihaknya tanpa henti melakukan operasi yustisi. Operasi itu menggandeng anggota Polsek dan Koramil Bumijawa. Selain menyasar ke warung dan kafe, tim gabungan forkompincam ini juga mendatangi tempat keramaian dan tempat wisata. 

Tim selalu menegur dan memberikan hukuman sosial kepada para pelanggar protokol kesehatan. Jika ada yang tidak pakai masker, terpaksa ditegur dan disuruh menyanyi lagu nasional atau menyapu jalan. (guh/ima)

Sumber: