Yamaha WR 155R Adventure with Akbar Taufan, Salatiga-Jepara Trabas Tipis-tipis

Yamaha WR 155R Adventure with Akbar Taufan, Salatiga-Jepara Trabas Tipis-tipis

Pebalap motocros nasional asal Salatiga, Akbar Taufan kembali menggeber Yamaha WR 155R. Tidak tanggung-tanggung, kali ini Akbar Taufan dan komunitas Yamaha WR 155R Salatiga menggeber rute sepanjang 40 KM, start dari Salatiga menuju Jepara tepatnya di kawasan Pantai Bandengan Jepara. 

Pada hari berikutnya, Akbar Taufan dan komunitas WR 155R Salatiga bergabung dengan komunitas- komunitas WR 155R Jepara melibas beberapa trek yang cukup menantang di Bumi Kartini. 

“Kami sengaja menempuh perjalanan jauh dari Salatiga menuju Jepara, sekaligus untuk tes seberapa irit pemakaian BBM WR 155R,” jelasnya usai makan malam di kawasan Pantai Bandengan Jepara.

Usai bermain-main di Pantai Bandengan dengan WR 155R, seluruh unit dikumpulkan untuk diisi BBM karena esok harinya akan melakukan jelajah di Bumi Kartini. Ketika salah satu team EO menanyakan apakah selama perjalanan melakukan pengisian bahan bakar hingga 2 kali, salah satu peserta menjawab hanya diisi satu kali. 

“Kita isi full dari Salatiga, Pak, setelah itu nggak isi sama sekali,” jawab Dony, salah satu pegiat WR 155R Salatiga yang juga pemilik Dony’s Motor Salatiga. 

“Ini jarum penunjuk BBM hanya turun 2 strip. Berarti WR 155R memang sangat irit, padahal kemampuan mesinnya sangat besar,” tambahnya.

Sedikit berbeda, sesaat sebelum trabas tipis-tipis dilakukan, Akbar memberikan coaching clinic kepada seluruh peserta trabas. Dia menyampaikan bahwa mengendarai WR 155R itu berbeda dengan sepeda motor pada umumnya. Karena jalur yang akan dilalui adalah jalur tanjakan dengan tanah yang licin karena diguyur hujan. 

“Pada saat kondisi jalan menurun gunakan kedua rem, untuk rem depan 80 persen dan rem belakang 20 persen agar semuanya aman. Selanjutnya jangan lupa angkat tubuh kita di saat-saat tertentu. Melihat jalur yang akan dilalui,” jelas Akbar. 

Salah satu yang istimewa dari Adventure dan Trabas kali ini karena rutenya sangat komplet. Rute sepanjang 40 KM melalui jalan aspal dari Salatiga-Jepara selanjutnya jalan tanah di Jepara kemudian Sirkuit Kelapa Park Pakis Aji Jepara hingga main pasir di Pantai Bandengan. 

“Rute komplet, mantap pokoknya dan pastinya membuat berkeringat,” tambah Akbar. (*/ima)

Sumber: