Penyuntikan Vaksin Covid-19 di Kota Tegal Mulai Dilakukan Februari

Penyuntikan Vaksin Covid-19 di Kota Tegal Mulai Dilakukan Februari

Penyuntikan vaksin covid-19 tahap pertama yang semula direncanakan akhir Januari ini, diperkirakan baru akan dilakukan bulan depan. Pasalnya, Kota Tegal baru mendapatkan alokasi vaksin pada termin II. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr. Sri Primawati Indraswari mengatakan sesuai dengan surat dari Dirjen Pengendalian penyakit di Kementrian Kesehatan alokasi vaksin tahap 1 di termin II. Sehingga pelaksanaannya di Februari 2021. 

"Kita mendapatkan alokasi vaksin pada tahap 1 di termin kedua Februari 2021," katanya.

Menurut Prima, alokasi yang diberikan sebanyak 2.840. Sedangkan sasaran yang direncanakan untun tenaga kesehatan 2.825, sumberdaya manusia kesehatan 1.420 dan pejabat publik 10. 

"Karenanya, kami menetapkan 13 fasilitas kesehatan yang akan menjadi tempat pemberian vaksin,"ujarnya. 

Prima mengatakan tidak semua fasilitas kesehatan bisa menjadi tempat vaksinasi. Ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi. 

"Tadi kita sudah melakukan pengecekan di RSUD Kardinah. Memang masih ada kekurangan, namun akan dilengkapi karena waktunya masih mencukupi," tandasnya.

Prima menambahkan, semua faskes sudah melakukan simulasi pemberian vaksinasi. Nantinya, juga sudah disiapkan promosi kepada masyarakat untuk mengantisipasi adanya penolakan. (muj/zul)

Sumber: