Subsidi Ongkos Naik Haji Akan Dipangkas, Biaya Naik Haji Jadi Mahal

Subsidi Ongkos Naik Haji Akan Dipangkas, Biaya Naik Haji Jadi Mahal

"Saya berharap sepuluh tahun mendatang subsidi biaya haji sudah tidak ada lagi. Tapi tidak bisa segera. Karena ini pasti bisa menimbulkan beban," ucapnya

Jika dilihat dari simulasi perhitungan subsidi dalam pembiayaan haji yang diambil dari hasil manfaat dana milik jamaah dalam antrean haji. Jamaah dari embarkasi Lombok misalnya membayar biaya haji Rp37,332 juta/orang. Sedangkan biaya riil haji dari embarkasi Lombok mencapai Rp71,271 juta/orang atau ada selisih Rp33,939 juta.

"Anggap misalnya jamaah asal Lombok tersebut sudah antre selama sepuluh tahun dengan setoran awal Rp25 juta. Dengan hitungan sederhana jamaah tadi mendapatkan nilai hasil pengelolaan Rp 1 juta/tahun," terangnya.

Sehingga, lanjut Aanggito, dalam sepuluh tahun mengantre, nilai manfaat dana haji jamaah tersebut Rp10 juta. Padahal, selisih biaya yang dia bayar dengan biaya haji riil mencapai Rp33,939 juta.

"Sehingga ada subsidi Rp23,939 juta yang diambil dari hasil pengelolaan dana jamaah belum berangkat," pungkasnya. (der/zul)

Sumber: