Dedy Yon Resmikan Satu-satunya Puskesmas dengan Layanan Dokter Premier di Kota Tegal

Dedy Yon Resmikan Satu-satunya Puskesmas dengan Layanan Dokter Premier di Kota Tegal

Setelah selesai dibangun selama beberapa bulan, bangunan Puskesmas Kaligangsa Kecamatan Margadana akhirnya diresmikan pada Senin (4/1) siang. Peresmian dilakukan langsung Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono. 

Hadir dalam kegiatan, Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi, Sekda Kota Tegal Johardi dan sejumlah pejabat lainnya. Layanan kesehatan itu disebut-sebut sebagai puskesmas satu-satunya dengan program Dokter Layanan Premier (DLP).

Kepala Dinkes Kota Tegal dr Sri Primawati Indraswari mengatakan, puskesmas itu dibangun untuk meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Merupakan satu-satunya puskesmas di Kota Tegal yang memiliki program Dokter Layanan Premier (DLP) dan telah dilengkapi sarana penunjangnya. 

"Selain pelayanan dasar, adanya DLP juga memberikan layanan khusus seperti Cryoterapi, Fisioterapi, Akupresure dan USG," katanya. 

Menurut Prima, program unggulan lain di antaranya pojok batuk. Program ini in line dengan kondisi saat ini dimana kasus-kasus mirip influenza harus diamati secara khusus. Selanjutnya, program kesehatan reproduksi serta konseling dan layanan kesehatan jiwa masyarakat. 

Dalam sambutannya, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan, keberadaan puskesmas ini untuk memenuhi hak masyarakat akan akses pelayanan kesehatan, pengobatan. Juga upaya pelayanan pencegahan penyakit yang jangkauannya hingga tingkat keluarga. 

"Pelayanan Puskesmas Kaligangsa dengan dokter layanan premier. Sehingga para dokter dan perawat harus berkomitmen akan tugas yang sudah dijadwalkan," ujarnya. 

Dedy Yon juga meminta para dokter dan perawat untuk membuat Pakta Integritas serta ramah dengan pasien. Dirinya meminta agar budaya kerja 5S yakni senyum, sapa, salam, sopan santun harus betul-betul diperhatikan. 

"Adanya puskesmas, pelayanan kepada masyarakat tidak terlalu jauh dan tidak harus ke rumah sakit. Namun apabila keadaan darurat dan butuh penanganan lebih serius bisa dirujuk ke rumah sakit," pungkasnya. (muj/ima)

Sumber: