Pulihkan Ekonomi di Tengah Pandemi, Warga Brebes Dapat Bantuan Ternak

Pulihkan Ekonomi di Tengah Pandemi, Warga Brebes Dapat Bantuan Ternak

Guna pemulihan ekonomi di tengah pandemi virus corona (Covid-19), sejumlah masyarakat di Kabupaten Brebes mendapatkan bantuan ternak. 

Bantuan tersebut bersumber pada APBD Kabupaten Brebes dengan pagu anggaran sebesar Rp790 juta. 

Selain mendapatkan bantuan dari APBD Brebes, masyarakat Brebes juga mendapatkan bantuan dari APBD Provinsi Jawa Tengah berupa program fasilitasi pemulihan ekonomi desa bagi masyarakat terdampak Covid-19 pada 4 Kelompok Tani Ternak Unggas. 

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Brebes Narjo menjelaskan, wilayah Kabupaten Brebes memiliki potensi yang sangat besar di bidang pertanian, termasuk di dalamnya peternakan. Pengelolaan potensi bidang peternakan, baik ternak besar, ternak kecil maupun ternak unggas di Kabupaten Brebes telah membawa kemajuan yang sangat berarti bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

"Tidak dipungkiri di tengah pandemi ini berbagai bidang sangat terdampak, termasuk di bidang peternakan. Untuk itu, bantuan ini diharapkan bisa membantu pemulihan ekonomi bagi masyarakat Brebes," ujarnya. 

Narjo berpesan kepada para peternak agar dapat memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya. 

"Konsultasikan bila terjadi kendala seperti kesehatan ternak kepada dinas terkait, karena bantuan ini juga menjadi tolok ukur agar ke depan bantuan yang akan diberikan dapat benar-benar terealisasi dengan baik guna pengembangan bidang peternakan," tambahnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah Lalu Muhamad Syafriadi menjelaskan, di 2020, DPKH Provinsi Jawa Tengah mengalokasikan 1425 peternak di seluruh Jawa Tengah dengan bantuan rata-rata 1 peternak mendapat 250 kg pakan. 

Untuk Kabupaten Brebes, bantuan berupa program fasilitasi pemulihan ekonomi desa bagi masyarakat terdampak Covid-19. Bantuan diberikan kepada 4 kelompok ternak unggas, masing-masing kelompok mendapatkan 200 ekor itik bayah betina, 1 paket obat-obatan, 1 paket bantuan kandang dan 1.200 kg pakan konsentrat. 

Sedangkan 1 kelompok ternak ayam buras, mendapatkan 180 ekor ayam buras bayah betina, 20 ekor ayam buras pejantan, 1 paket obat-obatan, 1 paket bantuan kandang dan 1.200 kg pakan konsentrat. Kemudian bantuan pakan ternak bagi masyarakat terdampat Covid-19 melalui program jaringan pengamanan ekonomi berupa 250 ekor pakan konsentrat untuk 42 orang. 

“Bantuan ini diharapkan bisa membantu masyarakat untuk lebih bangkit lagi di tengah pandemi Covid-19," jelasnya 

Di tempat yang sama, Kepala Dinakkeswan Brebes Ismu Subroto melaporkan, bantuan berupa sapi sebanyak 35 ekor untuk 7 kelompok ternak yang masing-masing menerima 5 ekor per kelompok. Kambing sebanyak 33 ekor untuk 3 kelompok ternak yang  masing-masing menerima 11 ekor per kelompok. 

Domba sebanyak 105 ekor untuk 5 kelompok ternak yang masing-masing menerima 21 ekor per kelompok. Dan dua orang eks narapidana teroris (eks napiter) masing-masing menerima 7 ekor domba. Serta bantuan keuangan senilai Rp70 juta untuk pengadaan bantuan ternak sapi. 

Bantuan diserahkan secara simbolis pada tujuh Kelompok Tani Ternak (KTT) Sapi untuk wilayah Kecamatan Larangan, yakni KTT Gunung Payung, Sapi Maju Jaya, Sapi Watu Bedil, Sapi Tunggak Semi, Sapi Lembu Jaya, Sapi Cendana, dan KTT Sapi Jaya Makmur, masing-masing mendapat 5 (lima) ekor sapi. 

Sumber: