Sosialisasikan Pentingnya Prokes, Pegiat Kesi di Kota Tegal Blusukan Pakai Bahasa Tegalan

Sosialisasikan Pentingnya Prokes, Pegiat Kesi di Kota Tegal Blusukan Pakai Bahasa Tegalan

Upaya pencegahan covid-19 dapat dilakukan melalui kegiatan sosialisasi dan ajakan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Ini lah yang akan dilakukan pegiat kesehatan di tingkat kelurahan atau kelurahan siaga (Kesi) di Kota Tegal salah satunya di Kelurahan Panggung.

Mereka rela mengendarai sepeda motor yang dilengkapi dengan pengeras suara yang akan memutar himbauan dengan menggunakan bahasa tegalan. Dengan harapan semua masyarakat tanpa terkecuali sadar akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan secara ketat di tengah pandemi covid-19.

Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi mengatakan dirinya meminta agar pegiat Kesi untuk terus bergerak. Mensosialisasikan pentingnya menjaga protokol kesehatan. 

"Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, menghindari kerumunan," kata Jumadi.

Menurut Jumadi menambahkan Kesi ini akan turun ke masyarakat menggunakan sepeda motor yang dilengkapi sound. Itu  untuk memberikan edukasi pentingnya mematuhi protokol kesehatan. 

"Sekaligus memberikan informasi ke publik bahwa pandemi ini belum berakhir," ujarnya. 

Jumadi menambahkan himbauan yang disampaikan dalam bentuk rekaman menggunakan bahasa Tegal dan Indonesia. Harapannya, agar masyarakat mengetahui informasi yang dapat disampaikan.

"Artinya, local wisdomnya kita gunakan agar masyarakat tahu, mungkin yang sepuh-sepuh (lansia) dapat mengetahui informasi yang disampaikan," tandasnya.

Jumadi menambahkan, inovasi ini patut dicontoh dan digiatkan dalam masa pandemi. (muj/zul)

Sumber: