Dimintai Tolong Beli Balsem Malah Culik Kakak Beradik untuk Dijadikan Gembel dan Pengemis

Dimintai Tolong Beli Balsem Malah Culik Kakak Beradik untuk Dijadikan Gembel dan Pengemis

Polisi akhirnya berhasil meringkus penculik dua bocah kakak beradik MR (8) dan AL (7), warga Kelurahan Kraton Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal. Pelaku adalah Nailul Munafila (26), warga Kabupaten Batang, di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Sebelumnya, kepada polisi nenek korban, T menjelaskan, orang tua MR dan AL sudah bercerai. Ibunya bekerja di luar negeri sebagai TKW dan ayahnya tinggal di Madura.

”MR dan AL sejak kecil bareng saya setelah orangtuanya bercerai. Ibunya kerja di luar negeri. Bapaknya di Madura, Jawa Timur,” kata T.

T bercerita jika dia sudah mengenal pelaku sejak tiga tahun lalu. Menurut dia, pada 2017, pelaku ditolong salah satu anaknya dan dibawa ke rumahnya, karena telantar di jalanan.

Saat itu, pelaku sempat tinggal bersamanya dan sudah dianggap seperti bagian dari keluarganya. ”Tiga tahun lalu pernah ditolong anak saya dan pernah tinggal sementara di sini,” kata T dalam laporannya ke polisi.

Pada, Rabu (9/12) lalu, pelaku kembali datang ke rumahnya dengan alasan berkunjung untuk silaturami. Saat itu, pelaku kembali dipersilakan untuk menginap semalam.

Esok harinya, Kamis (10/12), T meminta pelaku membeli balsem ke warung bersama kedua cucunya, MR dan AL. ”Karena tak tahu lokasinya, dua cucu saya menemani pelaku ke warung,” katanya.

Namun hingga sore, mereka bertiga tak juga kembali ke rumah. Panik, T melaporkannya ke polisi.

Penculikan dua bocah tersebut sempat menjadi perbincangan di media sosial (medsos). Bahkan, foto dua bocah tersebut dan foto pelaku juga diunggah di Facebook.

Saat dikonfirmasi, Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Tegal Kota AKP Syuaib Abdulloh membenarkan pihaknya telah menangkap pelaku bernama Nailul Munalifa, warga Kabupaten Batang. Kasus penculikan tersebut sedang diselidiki lebih lanjut oleh Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Tegal Kota.

”Peristiwa penculikan terjadi, Kamis (10/12) siang. Dua bocah perempuan tersebut ditemukan dalam keadaan lemas di pinggir jalan di wilayah Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon, Jumat (11/12). Keduanya telah kembali ke rumah neneknya, T, Sabtu (12/12),” katanya. (mei/fat/zul)

Sumber: