Barcelona Tanpa Messi Ternyata Lebih Baik

Barcelona Tanpa Messi Ternyata Lebih Baik

Penjualan Luis Suarez, menjadi salah satu penyebab patah semangatnya Lionel Messi. Tanpa kehadiran Messi, Barcelona akan tenggelam?

Pelatih baru Barcelona, Ronald Koeman menyebut kehadiran Lionel Messi sangat krusial bagi tim. Padahal awalnya, ketika datang, Koemen ingin menjadikan Antoine Griezmann sebagai jantung permainannya.

“Apa yang ditunjukan Messi pada saya, adalah bahwa ia ingin menjadi pemenang, menjadi yang terbaik, dan mempertahankan prestasinya itu. (Apapun permasalah klub saat ini) Barcelona selalu, dan akan selalu lebih baik dengan Messi di dalamnya,” kata Ronald Koeman, seperti dikutip FIN dari MARCA, Rabu (11/11).

Untuk mengubah mood La Pulga, julukan kapten Timnas Argentina itu, Koeman harus menggunakan pendekatan pribadi. Dengan menjadi sosok yang bisa dipercaya, pria 57 tahun itu mampu mengembalikan keceriaan Messi yang sempat hilang.

“Ketika saya baru begabung dengan Barcelona, Messi sedang tidak dalam kondisi yang bahagia di klub. Kami kemudian bicara di rumahnya, dan ia menjelaskan semuanya. Di situ saya mengatakan bahwa apa yang bisa saya ubah dari tim ini adalah sepakbolanya. Sementara masalah pribadinya adalah di luar kemampuan saya,” ungkap pelatih asal Belanda itu.

Berbeda dengan yang dikatakan Koeman, pundit sepakbola, Pete Jenson, meyakini jika klub Catalan ini akan lebih baik tanpa Messi. Sebab menurut data yang diungkap jurnalis yang berbasis di Spanyol itu, permainan Barcelona tanpa Messi, ternyata masih jauh lebih baik.

“Statistik menunjukan bahwa raksasa Catalaonia itu baik-baik saja tanpa talisman mereka. Barcelona punya peluang 71 persen menang dengan bantuan Messi, namun tanpa dia, probabilitas itu naik menjadi 89 persen.

Tanpa Messi juga, Barcelona lebih jarang kebobolan, selain juga memiliki poin rata-rata yang lebih tinggi, dari 2,3 (gol per laga) menjadi 2,7 poin,” ungkap Jenson dalam artikelnya di Daily Mail. (ruf/gw/zul/fin)

Sumber: