Penerbangan Sempat Terganggu, Empat Maskapai Persilakan Penumpang Rescheduled atau Refund

Penerbangan Sempat Terganggu, Empat Maskapai Persilakan Penumpang Rescheduled atau Refund

Habib Rizieq Shihab tiba di Tanah Air melalui Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (10/11). Ribuan simpatisan dan pendukungnya hadir untuk melakukan penjemputan, yang berujung kemacetan dan terganggunya jadwal penerbangan.

Plt Senior Manager Branch & Communication Bandara Soekarno-Hatta Haerul Anwar mengatakan masyarakat yang memiliki tiket keberangkatan dari Bandara Soekarno-Hatta Selasa 10 November 2020 dan terimbas kedatangan Habib Rizieq dapat menjadwalkan ulang.

Dikatakannya, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan para pemangku kepentingan termasuk maskapai. Sejumlah maskapai yang telah mengkonfirmasi dapat dilakukannya rescheduled atau refund adalah Lion Air, Batik Air, Garuda Indonesia, dan Citilink.

"Kebijakan maskapai ini sebagai langkah antisipasi agar penumpang pesawat dapat tetap melakukan perjalanan di waktu yang berbeda," katanya, Selasa (10/11).

Ditambahkan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, pihaknya akan membebaskan biaya penyesuaian jadwal penerbangan maupun refund tiket bagi penumpang yang terdampak kondisi kemacetan akses menuju Bandara Soekarno Hatta.

"Kami sepenuhnya mengerti kekhawatiran yang dialami penumpang. Untuk itu, Garuda Indonesia berkomitmen untuk selalu hadir bersama seluruh penumpang dengan menghadirkan sejumlah solusi bagi penumpang yang terdampak imbas kemacetan akses menuju bandara,” katanya.

Bagi para penumpang yang masih harus melanjutkan perjalanannya, Garuda juga mempersiapkan opsi pengalihan jadwal keberangkatan ke penerbangan selanjutnya. “Penerapan kebijakan fleksibilitas penyesuaian jadwal dan refund tiket tentunya mengacu pada ketentuan yang berlaku,” katanya.

Sementara Direktur Utama AirNav Indonesia, M Pramintohadi mengatakan, hingga pukul 09.00 WIB, tercatat ada 27 penerbangan yang mengajukan permintaan penundaan keberangkatan dengan rata-rata waktu 1 hingga 2 jam.

Dijelaskan Pramintohadi, kejadian ini sudah diantisipasi pihaknya dengan memberikan kelonggaran pengaturan jadwal terbang (open slot time) bagi seluruh penerbangan terdampak yang dilakukan secara online melalui sistem aplikasi Chronos.

“Secara teknis, prosedur Air Traffic Flow Management (ATFM) yang dilakukan melalui aplikasi slot time penerbangan berbasis daring CHRONOS kami optimalkan menyesuaikan dampak kegiatan massa tersebut dan protokol kesehatan yang saat ini berlaku di sektor penerbangan Nasional,” ujarnya.

Selain itu, AirNav juga melakukan pengecekan izin rute penerbangan. “Kami juga melakukan pengecekan izin rute pada flight plan pesawat udara yang keberangkatannya menyesuaikan dengan dampak kegiatan tersebut demi menjaga keteraturan dan efisiensi penerbangan,” katanya.

Untuk diketahui, CHRONOS merupakan aplikasi real slot time berbasis online yang dibuat AirNav Indonesia. Aplikasi ini telah terkoneksi dengan sistem Izin Rute dan Izin Terbang milik Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Dengan aplikasi tersebut, seluruh maskapai memiliki akses langsung untuk mengajukan, meminta perubahan, hingga membatalkan slot time. Dan ini semua online, real time, serta transparan.

“Seluruh pesawat yang delay telah mendapat jadwal baru dan sudah terbang,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: