Komandan Korps Marinir Mayjen Suhartono: Sejarah Pasukan Elite Angkatan Laut Berawal dari Tegal

Komandan Korps Marinir Mayjen Suhartono: Sejarah Pasukan Elite Angkatan Laut Berawal dari Tegal

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono bersama sejumlah pejabat mendampingi Komandan Korps Marinir Mayjen Suhartono melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Pura Kusuma Negara, Senin (9/11) pagi. Tegal sendiri merupakan cikal bakal korps kebanggaan Angkatan Laut (AL) itu.

Komandan Korps Marinir Mayjen Suhartono mengatakan memperingati HUT ke-75, Korpsnya melakukan berbagai kegiatan. Di antatanya, ziarah ke makam-makam para pahlawan yang merupakan pendahulu.

"Kegiatan ini dilakukan untuk menyambut HUT yang akan jatuh pada 15 November mendatang," katanya.

Menurut MayjenSuhartono, Tegal merupakan cikal bakal berdirinya Korps Marinir. dari Tegal lah dahulu ada pasukan dengan nama yang masih menggunakan ejaan Belanda, Corps Marinier CA4 Tegal.

"Di sini ada sekitar 66 makam anggota marinir yang gugur dan dimakamkan," ujarnya.

Terkait hari Pahlawan, Mayjen Suhartono berpesan kepada para generasi muda untuk tidak melupakan sejarah. Sesuai dengan amanat Presiden Sukarno Jasmerah.

"Kebetulan kita Korps Marinir, kita tetap mengenang jejak sejarah para pendahulu," tandasnya. 

Menurut Suhartono, Marinir merupakan bagian dari komponen masyarakat yang berjuang dalam merebut kemerdekaan. Selain prajurit, tentunya masyarakat juga ada yang gugur baik yang dikenal maupun tidak dikenal. 

"Karenanya, mari kita ingat kembali sejarah saat merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Saat ini tinggal kita mengisinya dengan karya untuk NKRI sesuai dengan bidang kita," pungkasnya.

Selain Wali Kota Tegal, tampak hadir Sekda Johardi, Danlanal Tegal Letkol (Mar) Ridwan Azis, Dandim 0712/Tegal Letkol (Inf) Sutan Pandapotan Siregar, Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo dan pejabat lainnya. (muj/zul)

Sumber: