Kemenangan Barcelona Dibayar Mahal, Ansu Fati Cedera Parah dan harus Absen Lima Bulan

Kemenangan Barcelona Dibayar Mahal, Ansu Fati Cedera Parah dan harus Absen Lima Bulan

Barcelona menang besar saat menggilas Real Betis 5-2, Sabtu (7/11). Meladeni Betis di Camp Nou pada pekan ke-7 LaLiga, skuat asuhan Ronald Koeman sudah menemukan bentuk permainan idealnya.

Sayangnya, hasil menggembirakan itu tak diikuti kabar baik. Menurut laporan dari MARCA, Minggu (8/11), Ansu Fati sang talisman baru Barcelona, harus mengalami cedera usai laga.

Dia cedera pada meniskusnya, setelah dilanggar dengan keras oleh pemain belakang Real Betis, Aissa Mandi. Awalnya, cedera pemain Timnas Spanyol itu diperkirakan tim medis klub asal Catalonia itu, hanya akan memakan waktu satu bulan.

Namun, hasil uji klinis berkata lain. Dengan meniskus yang rusak tersebut, pemain sayap yang tidak hanya unggul dalam speed, namun juga kemampuannya mengeksekusi bola itu, diperkirakan absen selama lima bulan atau paling cepat tiga bulan.

Menurut informasi yang diungkap Ripoll and De Prado Sport Clinic, meniskus yang fungsinya menjaga stabilitas dan peredam kejut di lutut pemain 18 tahun tersebut, menunjukan tanda-tanda kerusakan. Kondisi ini memaksa pelatih baru Barcelona, Ronald Koeman, untuk tidak memainkannya dalam waktu hampir setengah tahun lamanya.

“Cedera yang terjadi pada Ansu Fati malam ini, sangat mengejutkan bagi kami semua. Pemain Barcelona ini mengalami cedera pada interior meniskusnya, dan cedera ini terjadi pada seseorang (yang baru) berusia 18 tahun,” kata dokter Ripoll dalam keteranganya pada media olahraga Spanyol itu.

Agar pemain kelahiran Guinea-Bissau itu segera pulih, prosedur yang harus dijalani pemain bernomor punggung 22 harus memakan banyak waktu. Sebab proses pemulihan talenta yang digadang-gadang sebagai pengganti Lionel Messi itu, perlu kehati-hatian.

“Lukanya harus dijahit dan (pada bagian meniskusnya) harus dijaga betul, karena fungsi (dari meniskus itu sendiri) adalah sebagai penahan kejut di area lutut, melindungi tulang rawan. Oleh karena itu tulang rawan ini harus sebisa mungkin dilindungi. Bicara proses pemulihan, bisa tiga hingga lima bulan lamanya,” tambah dia.

Yang ditakutkan dari kejadian ini adalah terulangnya masalah di lini depan tim berjuluk Blaugrana itu. Seperti musim lalu. Ousmane Dembele dan Luis Suarez yang kala itu dibekap cedera, telah berdampak besar terhadap daya dobrak trisula maut Barcelona dan performa tim secara keseluruhan.

Barcelona yang saat ini hanya mampu menempati posisi delapan di klasemen sementara, dan hanya mampu mengamankan satu kemenangan dari lima laga terakhir. Dua di antaranya adalah kekalahan.

Sepertinya Barca akan dihadapkan pada krisis baru tim, apabila Antoine Griezmann yang diharapkan mampu menjadi partner baru Messi, gagal memenuhi ekspektasi tinggi eks juara LaLiga Santander dua musim lalu itu. (ruf/gw/zul/fin)

Sumber: