Dua Hari Tambah 56 Kasus Covid-19, Warga Diimbau di Rumah Saja saat Libur Panjang

Dua Hari Tambah 56 Kasus Covid-19, Warga Diimbau di Rumah Saja saat Libur Panjang

Menjelang libur panjang dan cuti bersama, warga diimbau tidak bepergian dengan tetap beraktifitas di dalam rumah. Pasalnya, potensi penyebaran covid-19 masih cukup tinggi.

Jika terpaksa harus keluar rumah, warga diminta tetap mematuhi protokol kesehatan. Sehingga bisa mengurangi risiko penularan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr Sri Primawati Indraswari mengatakan menjelang libur panjang akhir bulan nanti, Dinkes mengimbau masyarakat untuk tetap berada di dalam rumah. Namun, jika terpaksa harus keluar, maka tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Kalau terpaksa keluar rumah, jangan lupa pakai masker, cuci tangan hindari keramaian dan sebagainya. Pokoknya tetap patuhi protokol kesehatan," ujarnya.

Selain itu, kata Prima, jika ada keluarga yang baru datang dari luar kota, dihimbau untuk melaporkan kepada ketua RT/RW setempat. Sehingga bisa dilakukan pemantauan.

Prima mengungkapkan saat ini pihaknya gencar melakukan upaya tes, screening dan tracing untuk melakukan tes swab. Bahkan sudah melebihi jumlah yang disarankan WHO.

"Kalau anjuran WHO itu seribu per satu juta penduduk tiap minggu. Kita sudah lebih dari itu," tandasnya.

Prima menambahkan memang ada penambahan 58 kasus, Minggu-Senin (25-26/10). Mereka merupakan tenaga kesehatan, aparatur sipil negara, dan beberapa karyawan sebuah bank.

"Rata-rata semuanya isolasi mandiri karena tanpa gejala," pungkasnya. (muj/zul)

Sumber: