Khabib Nurmagomedov Menangis Ingat Ayahnya, Pensiun Penuhi Permintaan Ibunya

Khabib Nurmagomedov Menangis Ingat Ayahnya, Pensiun Penuhi Permintaan Ibunya

Khabib Nurmagomedov mengumumkan dirinya pensiun sebagai petarung bela diri campuran profesional. Pengumuman itu dilakukan, setelah Khabib mengalahkan Justin Gaethje pada UFC 254, Uni Emirat Arab, Sabtu (24/10) setempat atau, Minggu (25/10) dinihari WIB.

Ia mengakhiri perlawanan Gaethje pada ronde kedua dengan kemenangan submission. Di mana dia menggunakan “triangle choke” yang membuat petarung AS itu tidak sadarkan diri.

Hasil itu sekaligus memperpanjang catatan impresif Khabib yakni 29 kemenangan tanpa kekalahan.

Usai laga, Justin Gaethje menghibur Khabib yang tak kuasa menahan tangis di akhir puncak kesuksesannya. Khabib tampak menutupi wajahnya menggunakan tangan kanan menahan derai air matanya.

Kemenangan The Eagle, julukan Khabib, dipenuhi keharuan. Di saat rivalnya, masih menangis, Gaethje menghampiri juara kelas ringan UFC itu.

Gaethje memeluk Khabib dengan lengan kanannya dan terlihat membisikan sesuatu. "Saya mengatakan kepadanya (Khabib) bahwa Ayahnya di sana akan bangga padanya," ujar Gaethje kepada ESPN.

Sebenarnya, banyak pihak meragukan apakah Khabib yang kini berusia 32 tahun akan mampu tampil baik saat melawan Gaethje. Utamanya setelah ayahnya, Abdulmanap tutup usia, akibat komplikasi yang disebabkan COVID-19, Juli silam.

Abdulmanap telah melatih Khabib bertarung sejak usia dini, dan sempat berada di sudutnya (corner) saat Khabib menang atas Dustin Poirier di Abu Dhabi, September 2019 lalu.

“Saya berbicara dengan ibu saya tiga hari yang lalu. Ia tidak ingin saya bertarung tanpa ayah saya, namun saya berjanji kepadanya bahwa ini merupakan pertarungan terakhir saya. Dan saya menepatinya, saya harus melakukannya,” kata Khabib di octagon seperti dikutip Reuters.

“Inilah pertarungan terakhir saya. Saya hanya menginginkan satu hal dari UFC, Anda memberikan saya petarung pound for pound nomor satu di dunia, karena saya berhak atas hal itu,” tambahnya

Terpisah, Presiden UFC, Dana White, mengapresiasi keputusan Khabib. Ia juga meminta publik untuk menghargai keputusan Khabib Nurmagomedov pensiun sebagai petarung MMA dan UFC.

"Saya percaya," kata Dana White ketika ditanya apakah dirinya percaya dengan keputusan Khabib pensiun seperti dikutip dari situs MMA Fighting. "Biarkan dia (Khabib Nurmagomedov) beristirahat. Biarkan dia memulihkan diri," ucap Dana White.

"Bukan secara fisik, beri waktu Khabib untuk memulihkan beban emosionalnya. Dia telah melalui banyak hal sejak kehilangan ayahnya," tutur Dana White menambahkan.

"Saya sudah berkata sebelumnya, kita semua sangat beruntung bisa menyaksikan Khabib bertarung hari ini," tandasnya. (fin/zul/tgr)

Sumber: