Rangkin Kevin/Marcus Turun, Indonesia Terancam Hanya Kirim Satu Wakil ke BWF World Tour Finals 2020

Rangkin Kevin/Marcus Turun, Indonesia Terancam Hanya Kirim Satu Wakil ke BWF World Tour Finals 2020

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) kembali mengeluarkan update peringkat dunia terkini menuju ajang BWF World Tour Finals 2020. BWF World Tour Finals 2020 sendiri merupakan sebuah turnamen bulutangkis internasional yang menjadi tempat pertempuran pebulutangkis terbaik dunia.

Ya, dalam catatan terbaru BWF, ranking ganda putra terbaik Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo turun ke peringkat tiga di bawah pasangan Rusia dan Taiwan.

Seperti diketahui, turnamen bulu tangkis sepanjang 2020 mengalami penundaan dan pembatalan akibat pandemi Covid-19. Otomatis turnamen mayor terakhir yang digelar adalah All England 2020 pada 11-17 Maret lalu.

Bahkan, saat digelarnya Denmark Open 2020 akhir pekan lalu. Tim Indonesia sendiri memutuskan untuk tidak memberangkatkan para pemain menuju Aarhus, Denmark. Akibatnya, perolehan poin menuju BWF World Tour Finals 2020 mandek.

Peringkat satu yang dipegang The Minions hingga perhitungan terakhir pada 17 Maret 2020, kini berganti. Pasangan asal Rusia, Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov, kini memimpin klasemen. Keduanya mengumpulkan 27.710 poin.

Posisi dua ditempati wakil Taiwan Lee Yang/Wang Chi-lin. Keduanya meraup total 27.180 poin. Sedangkan Marcus/Kevin tetap mengumpulkan 24.440 angka. Kendati peringkat menuju BWF World Tour Finals 2020 menurun, The Minions masih menjadi ganda putra terbaik di dunia.

Penurunan peringkat dalam perhitungan BWF World Tour Finals 2020 juga dialami oleh The Daddies. Keduanya tergusur ke peringkat delapan dengan total nilai 20.820.

Ahsan/Hendra terancam terlempar dari delapan besar karena dibuntuti oleh wakil Inggris Ben Lane/Sean Vendy yang mengumpulkan 20.640 poin.

Sedangkan sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie menghilang dari peringkat 10 besar setelah mendapat hasil minor di Kejuaraan All England 2020 dan tidak ikut berpartisipasi di Denmark Open 2020.

Adapun Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang sempat berada peringkat 2, kini harus turun satu peringkat menjadi peringkat tiga, di bawah ganda putri Korea Selatan, Chang Ye-na/Kim Hye-rin usai absen di Denmark Open 2020.

Untuk sektor ganda campuran, Praveen Jordan/Melati Daeva dari semula menempati peringkat melorot ke peringkat 13, dan pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja juga juga turun 2 tangga ke ranking 7 klasemen sementara BWF World Tour Finals 2020.

Untuk bisa ambil bagian dalam BWF World Tour Finals, pemain di setiap nomor harus berada di peringkat delapan besar. Dengan demikian, Indonesia terancam hanya mengirimkan satu wakil saja ke turnamen tersebut mengingat Ahsan/Hendra masih absen. (der/zul/fin)

Sumber: