Pertashop Pertamina Jangkau Distribusi BBM Hingga Pelosok dan Dongkrak Ekonomi Warga Pedesaan

Pertashop Pertamina Jangkau Distribusi BBM Hingga Pelosok dan Dongkrak Ekonomi Warga Pedesaan

PT Pertamina (Persero) membuat inovasi pendistribusian bahan bakar minyak (BBM) hingga ke wilayah pelosok pedesaan. Yakni dengan mendirikan Pertashop di seluruh Jawa Tengah, salah satunya di Kabupaten Tegal.

Selain memudahkan warga pedesaan untuk mendapatkan pasokan BBM, kehadiran Pertashop juga diharapkan mampu mendongkrak perekonomian di desa.

Sales Manager Wilayah 1 Pertamina Tegal Vano Daniel mengatakan tujuan Pertashop didirikan memang untuk pemerataan penyaluran BBM. Selain itu, ungkap Vano, juga supaya perekonomian di pelosok-pelosok desa lebih maju.

"Pertashop ini merupakan kerjasama antara Kemendagri dengan Pertamina. Tujuan utamanya agar perekonomian di desa-desa lebih maju dan berdaya saing lagi," ujar Vano.

Vano mengingatkan Pertashop berbeda dengan Pertamini yang juga banyak tersebar di desa-desa. Karena resmi milik Pertamina, harga BBM di Pertashop juga sesuai dengan tarif SPBU yang diatur Pemerintah.

"Namun untuk sementara, kita hanya menyediakan BBM. Utamanya jenis pertamax. Harapannya ke depan bisa dikembangkan lagi dengan jenis-jenis lainnya," tambahnya.

Di Kabupaten Tegal, menurut Vano, sudah ada tiga Pertashop, yakni di Desa Talang, Pesarean, dan Bumijawa. Ditambahkan Vano, saat ini ada tiga kategori Pertashop yang disesuaikan dengan kapasitas penyalurannya.

Ketiganya terdiri dari gold dengan penyaluran 400 liter per hari, platinum 1.000 liter, dan diamond 3.000 liter. Selain itu, ada pula skema kerjasama yang bisa dilakukan untuk Pertashop, yakni investasinya dari Pertamina atau lembaga desa. (muj/zul)

Sumber: