Memang Pantas Kai Havertz Dihargai Rp1,4 Triliun Oleh Chelsea

Memang Pantas Kai Havertz Dihargai Rp1,4 Triliun Oleh Chelsea

Chelsea menggasak Barnsley setengah lusin gol untuk lolos ke babak 16 besar Carabao Cup. Kai Havertz menjadi pahlawan kemenangan The Blues dengan hattrick alias tiga golnya.

Pemain termahal Chelsea itu mencetak tiga gol di menit ke-28, 49, dan 55. Hattrick itu ia lesakkan berkat assist dari Tammy Abraham dan Mason Mount. Tiga gol The Blues lainnya disumbangkan Abraham, Ross Barkley dan Olivier Giroud.

Bagi Havertz, ini adalah jawaban untuk kritik yang ia dapatkan di dua pertandingan sebelumnya. Pemain berbanderol Rp1,4 triliun itu sempat mendapat serangan setelah gagal memberi kontribusi berarti, khususnya ketika Chelsea dikalahkan Liverpool.

Dengan trigol ini, playmaker berjuluk Alleskonner itu kembali membuktikan bagaimana berbahayanya dia di lapangan. Sepanjang 2020, ia total sudah terlibat dalam 24 gol.

Dari jumlah itu, ia mencetak 16 gol dan delapan assist. Di lima liga top Eropa, torehannya hanya kalah dari Robert Lewandowski, Lionel Messi, dan Cristiano Ronaldo.

Havertz yang dibeli dari Bayer Leverkusen awal bulan ini pun mengaku sangat bahagia akhirnya bisa memberikan kontribusi pada klub barunya. Ia juga mengharapkan bisa terus membantu Chelsea meraih hasil-hasil bagus.

"Saya sangat senang mencetak gol pertama saya di sini di Chelsea, saya sangat senang dengan kemenangan ini dan senang dengan tiga gol saya dan saya berharap kami bisa terus seperti itu,” katanya dikutip dari Evening Standard.

Manajer Chelsea, Frank Lampard pasca laga mengatakan, dirinya selalu percaya dengan kemampuan pemain kelahiran 11 Juni 1999 itu. Menurut Lampard, Havertz yang menjadi pencetak hattrick termuda kedua Chelsea hanya butuh adaptasi.

“Saya senang untuk Kai, itu semua yang saya inginkan untuknya. Saya mengatakannya pada dua pertandingan terakhir, Kai tidak menjalani pramusim. Jadi malam ini adalah latihan yang bagus untuknya,” kata Lampard di situs resmi Chelsea.

Lampard menjelaskan, Havertz bermain sangat luar biasa dalam perannya sebagai playmaker. Pemain berusia 21 tahun itu kata Lampard mampu melakukan kombinasi yang bagus dengan barisan penyerang.

“Dia memiliki kebebasan di lapangan. Di area tengah, dia berkeliaran di belakang Tammy. Kombinasi yang dia miliki dengan Tammy, cara dia tumbuh dalam permainan, mendapatkan kepercayaan diri, mendapatkan tiga golnya (itu bagus). Saya sangat senang untuk Kai, yang pertama dari banyak untuknya," tandasnya.

Tak hanya Havertz, Thiago Silva dan Ben Chilwell juga menjadi sorotan pasca laga. Keduanya melakoni laga debut dan sudah memperlihatkan kemampuan mereka di sektor pertahanan The Blues.

Khusus Silva, Lampard menyebut bek veteran tersebut sudah menunjukkan peran vital meski baru berlatih sepekan. "Ini menarik bagi kami karena dia baru saja menjalani pelatihan selama seminggu. Jadi bagi saya, itu 60 menit yang sempurna. Dia menunjukkan kualitas yang dia miliki,” jelas Lampard.

Top skor sepanjang masa Chelsea itu mengatakan, Silva sangat penting artinya di lapangan maupun ruang ganti. “Saya pikir dia memberi kami sesuatu di ruang ganti dan di lapangan. Kehadirannya dan cara dia mengarahkan orang-orang di sekitarnya sudah terlihat dalam latihan dan pertandingan. Jadi saya sangat senang. Ini seperti yang saya harapkan dari pemain dengan levelnya,” kata Lampard.

Sumber: