Sembilan Gol Lagi, Ronaldo Lewati Ali Daei sebagai Top Skor Laga Internasional

Sembilan Gol Lagi, Ronaldo Lewati Ali Daei sebagai Top Skor Laga Internasional

Portugal melanjutkan tren positifnya di UEFA Nations League dengan mengalahkan Swedia pada laga kedua Liga A Grup 3. Sang superstar, Cristiano Ronaldo yang mencetak brace membuat rekor bersejarah, 100 gol.

Kapten Portugal itu memborong dua gol kemenangan timnya di Friends Arena, Solna, dinihari kemarin. Penyerang Juventus tersebut membuka keran gol timnya di menit ke-45+2 lewat tendangan bebas.

Gol itu menasbihkan Ronaldo sebagai pemain Eropa pertama yang mampu mengoleksi 100 gol di laga internasional. Setelah itu, kolektor lima gelar Ballon d’Or tersebut mencetak gol ke-101-nya di menit ke-72 untuk memastikan Portugal menang 2-0.

Dengan total 101 gol yang sudah dicetaknya, mantan pemain Real Madrid dan Manchester United itu berada jauh di atas legenda Hungaria, Ferenc Puskas yang menjadi pencetak gol internasional terbanyak kedua di Eropa. Puskas yang juga bermain untuk Spanyol mencetak 84 gol dalam kariernya.

Rekor Ronaldo ini dipastikan sangat sulit dikejar pemain dari daratan Eropa lainnya. Itu karena pemain yang masih aktif saat ini tertinggal jauh di belakangnya. Robert Lewandowski yang menjadi pemain tersubur ke-8 di Benua Biru sejauh ini baru mengoleksi 61 gol.

Dan upaya memburu CR& bakal semakin sulit sebab ia bertekad terus menambah pundi-pundi golnya. Setelah berhasil mencetak 101 gol, Ronaldo yang sudah mengantongi 165 caps kini membidik rekor dunia milik Ali Daei. Legenda tim nasional Iran itu total mencetak 109 gol ketika pensiun 2006 silam.

"Saya berhasil mengalahkan pencapaian 100 gol ini dan sekarang untuk rekor (109). Ini selangkah demi selangkah. Saya tidak terobsesi karena saya percaya rekor datang dengan cara yang alami," tegasnya di situs resmi UEFA.

Ronaldo yang sebelumnya absen menghadapi Kroasia karena infeksi kaki mengaku sangat bahagia bisa terus memberi kontribusi gol bagi negaranya. Apalagi, Portugal yang berstatus juara bertahan memang berharap bisa mempertahankan gelar.

"Saya sangat senang dengan kemenangan ini yang memungkinkan kami untuk terus berjalan di jalur ini dan tentu saja pencapaian 100 dan kemudian 101 dengan dua gol hebat ini membuat saya sangat bahagia," tegas penyerang 35 tahun tersebut.

"Ketika saya mengalami masalah, saya selalu tahu bahwa saya bisa pulih untuk pertandingan kedua ini. Saya senang berada di sini, dengan sekelompok pemain, pelatih, staf ini dan tahu bahwa mereka akan bermain bagus di pertandingan pertama karena skuat kami terlalu bagus dan tidak ada yang tak tergantikan," lanjutnya.

Top skor Liga Champions itu juga mempertegas komitmen terus bermain. "Masa depan hanya Tuhan yang tahu. Saya senang bermain dengan para pemain muda ini dan saya sangat menikmati momen ini baik secara individu maupun kolektif," tandasnya.

Gelandang Portugal, Bruno Fernandes membeberkan, gol Ronaldo ke gawang Swedia adalah hasil latihan. "Kemarin dia mencetak enam atau tujuh gol seperti itu saat latihan dan hari ini berjalan dengan cara yang persis sama. Senang sekali memiliki Cristiano di tim!" ujar pemain Manchester United itu.

Selain kehebatan Ronaldo, Pelatih Portugal, Fernando Santos secara terbuka mengakui kartu merah Gustav Svensson di menit ke-44 sangat membantu timnya. “Jelas kartu merah sangat penting dalam pertandingan ini. Saya pikir kemenangan itu adil. Saya tidak berpikir kami sesukses yang kami inginkan, tetapi kami mengendalikan permainan,” jelas Santos.

Terlepas dari kartu merah Svensson, pemain Swedia mengakui kekalahan. Bek Swedia, Pontus Jansson mengatakan, Ronaldo sekali lagi membuktikan dirinya memang pemain terbaik dunia dengan gol-gol indahnya.

Sumber: