Jamu Kroasia, Bisa Jadi Portugal Tanpa Ronaldo

Jamu Kroasia, Bisa Jadi Portugal Tanpa Ronaldo

Ajang UEFA Nation League menjadi pertemuan pertama bagi Portugal dan Kroasia usai tampil di Piala Dunia dua tahun silam. Kali ini, kedua tim membawa sejumlah perubahan.

Sebagai juara bertahan tahun lalu, Portugal tak mau kehilangan momentum dalam laga yang dihelat di Estadio do Dragao, Porto, dini hari nanti (Live Mola TV Streaming pukul 01.45 WIB).

Di kubu Portugal, sejumlah pemain andalan pun dipastikan tak memperkuat tim dalam uji coba. Pencetak gol tunggal kemenangan Portugal membawa trofi Euro 2016, Renato Sanches dipastikan absen karena cedera.

Selain itu, performa Cristiano Ronaldo juga sedikit meragukan. Bomber Juventus itu absen dari sesi latihan terakhir Portugal akibat infeksi di jari jari kakinya.

"Cristiano Ronaldo harus absen pada latihan pagi ini di Cidade do Futebol karena infeksi di jari kakinya," bunyi pernyataan Federasi Sepakbola Portugal (FPF) di situs resmi mereka, kemarin.

Sejatinya, Ronaldo masih mengincar gol ke 100-nya di timnas Portugal. Dengan torehan 99 gol dari 164 penampilannya, CR7 jelas membutuhkan satu gol untuk mencatatkan hal tersebut.

Di sisi lain, Ronaldo memang tengah mempertimbangkan untuk pensiun dari Timnas dengan mengurangi intensitas penampilannya bersama Seleccao (julukan Timnas Portugal).

Mau tak mau, Pelatih Portugal Fernando Santos akan mendapuk sang gelandang serang Joao Felix sebagai tumpuan serangan. Pemain Atletico Madrid itu bakal di-support oleh duo Bruno Fernandes (Manchester United) dan Bernardo Silva (Manchester City).

Sementaara kubu Kroasia mendapatkan kabar tak sedap. Duo gelandang lini tengah, Ivan Rakitic dan Luka Modric, kabarnya akan melewatkan laga kontra Portugal. Mereka sudah mendapatkan izin dari pelatih Zlatko Dalic.

Kendati demikian, pelatih yang mambawa Kroasia menjadi runner up Piala Dunia 2018 itu percaya bahwa timnya masih memiliki cukup kekuatan untuk meraih hasil positif di Porto.

”UEFA Nation League memang penting, tetapi kami ingin menekankan bahwa fokus kami adalah lolos kualifikasi Piala Dunia mendatang dan merebut trofi Piala Eropa,” ujarnya dilansir dari UEFA.COM.

Seperti disebutkan, finalis Piala Dunia 2018 gagal tampil mengesankan di kompetisi 2018-19, hanya meraih satu kemenangan dari empat pertandingan mereka melawan Spanyol dan Inggris.

Dengan sejumlah perubahan dalam komposisi masing-masing skuad, laga Portugal dan Kroasia kali ini memang bakal cenderung menjadi sebuah pijakan baru. Mencari pondasi yang kokoh sebelum kembali berkompetisi untuk menuju Piala Eropa 2020. (fin/zul/tgr)

Sumber: